Friday 10 May 2013

BANANA COCONUT CAKE


"Kak, nih ada pisang dari rumah, kata abi disuruh kasih ke kak pipit, soalnya kalau didiemin dirumah, mama lagi umroh khan, bisa busuk ga tau mau dibikinin apaan. Kata Abi juga kalau dikasih ke kak pipit, tar disulap 'sesuatu' yang enak."

Nurul, sepupu daku tiba-tiba dateng sambil menyerahkan sekantong kresek penuh pisang yang nyaris 'bonyok'. Dari penampakan si pisang, daku ga ngeh itu jenis pisang apa yah? Kalau dibilang pisang ambon, tapi kok kecil-kecil, dibilang pisang uli, penampakan mirip pisang ambon. Begitu diicip sedikit rasanyapun manis seperti pisang ambon.

Duh, enaknya mau dibikin apa yah, digoreng/dipanggang/bakar begitu saja, khawatir benyek dan tidak termakan. Yowislah, masukin kulkas saja dulu sambil googling nanti malam.

Penelusuran googling sampai pada resep Banana-Nut Breadnya mba Martha Stewart, daku baca dengan seksama resepnya, nginggris soalnya. Googling lagi, apa sih, unsweetened shredded coconut itu?

Aahaaaaa, daku ganti aja deh dengan coconut powder merk KARA, pas kebeneran masih ada 1 sachet di toples bahan-bahan kue di dapur.

Keesokan sore, selepas Khalila pulang dari TPA, daku mulai mengeksekusi resepnya.
Ngukur2 tepung, gula, telur, minyak dsb, parut-parut juga pisangnya. Mari kita mulai mengeksekusi resep  dibawah ini :

3 cups tepung terigu serba guna
1 sdt baking soda
3/4 sdt garam
3 butir telur ukuran besar
2 cups gula pasir
1 1/3 cups minyak sayur
2 sdm pure vanilla extract
1 1/2 cups  pisang yang sudah dihancurkan (sekitar 3 ukuran sedang)
1 cup unsweetened shredded coconut ---- ini yang daku ganti pake coconut powdernya KARA
1 cup (400gr) walnuts atau pecans, toasted and finely chopped ---- ngga pake, ga ada stocknya di rumah
1/2 cup buttermilk


1. panaskan 350°F (sekitar 180 dercel). semir loyang loaf dengan mentega dan taburan tepung, sisihkan.

2. campur tepung, baking soda dan garam dengan whisk dalam satu mangkuk besar, aduk rata, sisihkan.

3. mikser dengan kecepatan rendah-sedang, telur, gula pasir, minyak sayur hingga tercampur rata, tuang dalam campuran tepung hingga tercampur rata, tambahkan vanilla extract, pisang yang sudah dihancurkan, coconut powder, kacang2an (ga pake) dan buttermilk, aduk hanya sampai tercampur saja.

4. panggang selama 60-65 menit. angkat, diamkan selama 10 menit. keluarkan dari loyang biarkan dingin suhu ruang. cake ini bisa disimpang dalam suhu ruang setelah dibungkus dengan plastik kedap selama 1 minggu. atau dalam disimpan dalam kulkas hingga 3 bulan.

Source: Martha Stewart's BAKING HANDBOOK


penampakan setelah ditopping dalam loyang loaf, mau dipanggang


mulai mumbul adonannya, ga sabar nunggu ngetring ^.
Sambil nunggu ngetring, aroma cake pisang sudah menebar seantero dapur, ruang makan, dan ruang tengah. Pelan-pelan adonannya mulai naik dan tinggi. Wuih, begitu tring penampakan coklat keemasan berkaramel dari pisang yang diiris tipis dan daku jadikan toping, bikin ga sabar buat icip-icip.


baru keluar dari oven, diamkan 10 mnit sebelum dilepaskan dari loyang




Nurul, sengaja daku suruh datang lagi ke rumah sepulang dia kerja, untuk langsung liat pisang yang kemarin dia kasih sudah disulap menjadi banana cake.

Begitu potongan pertama kita icip malam itu juga, nyeeeeeem, daku dan Nurul saling berpandangan, ngunyah-ngunyah sambil liat-liatan, tidak berapa lama kita langsung teriak " Enaaaaaaaaaaak!! Enaaaaaaaakk!!" Joget-joget sambil ngunyah cakenya.

Rasanya moist menul-menul, manis pisangnya dapet, gurih kelapanya juga dapet. Secara keseluruhan daku berhasil dan puas, sekali eksperiment tanpa gagal dan tastenya beneran bikin takjub. Dari pisang yang nyaris 'bonyok' disulap jadi cake yang bikin nagih. tar kapan-kapan bikin versi lengkapnya ah dengan tambahan nut.


testimonial





4 comments:

  1. Yummy banget jadi pengen icip-icip. Fit, kirimin satu loyang ke Ciputat ya, ngeces nih, hahaha....

    ReplyDelete
  2. siaaaap Bunda Yati, insya Allah sehat panjang umr kita berjumpa, aku siapin 'jatah preman' buat Bunda yati yah ^.~

    ReplyDelete
  3. Wajib coba nih Mbak, aq suka bgt deh sama yg berbau pisang :)

    ReplyDelete
  4. Horee... akhirnya bisa coba juga, tapi model lain nih mbak...

    http://mamawilda.blogspot.com/2013/05/chocobanana-cake-ala-wilda.html

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...