Wednesday 19 June 2013

Dulche de Leche Muffin


Hari selasa kemarin, pasca khalila merengek-rengek untuk dibelikan kanvas lagi untuk mengisi awal liburannya, tetapi ummi dan abi blum bisa mewujudkannya (yaiya, hari sabtu kemarin baru dibeliin kanvas, langsung dieksekusi hari seninnya sampai selesai, masa langsung mau melukis lagi hari selasa ini), jadilah dengan dibarengi kepala cenut-cenut karena flu, daku membujuk khalila buat turun ke dapur.

"Yuk kak, kita bikin kue saja! Nanti kakak yang bantuin ummi yah dari mulai nimbang sampai masukin adonan ke loyang." Dan langsung di'yes'kan Khalila.



Putus asa sebenernya, ga niat banget dan males luar biasa, tapi daripada harus direngekin sepanjang hari untuk menyediakan kanvas, lebih baik daku keluarin saja tepung muffin 'siluman' yang ada dalam toples penyimpanan. Yup, biar ga usah pusing dan ribet nyiapin bahannya. Masih inget juga, si dulche de leche yang dulu dibikin barengan si tetew, masih tersisa 1/2 kaleng di dalam freezer. Inget juga Jeng Liza pernah bikin brownies dulche, ahaaaa daku bikin muffin dulche saja.


Resep Dulche de Leche yang pernah daku bikin bareng si Tetew :

4 Kaleng Susu Kental Manis, dimasukin dalam panci tutup berisi air, hingga terendam 3 ruas jari, rebus dengan api sekecil mungkin hingga 4-4,5jam. Angkat dan dinginkan suhu ruang baru dibuka kalengnya, akan menghasilkan karamel susu yang dinamakan dulche de leche.

Bahan Muffin :
-250 gram tepung Zee Muffin
-100 gram mentega
-100 gram telur
- 25 ml air matang
- 2 sdm susu bubuk
Cara membuat :
1. Panaskan oven 200 dercel
2. Campur semua bahan muffin dalam satu wadah, mixer dengan kecepatan rendah selama 5 menit. Sisihkan.
3. Siapkan loyang muffin anti lengket, tuang 2 sdm adonan muffin, tambahkan 1 sdt dulche de leche, tutup dengan 1 sdm adonan muffin - takaran tergantung besar kecilnya loyang/cup muffin. Yang penting tinggi adonan keseluruhan tidak lebih dari 3/4 loyang.
4. Panggang selama 10-15menit hingga mumbul dan kekuningan.



Nah, resep ini menghasilkan 6 buah muffin seukuran loyang muffin berlubang 6 dan 1 cup muffin momma. Selama proses pemanggangan sempet terjadi letusan lava dulce di dua muffin, kayanya karena jumlah takaran dulchenya di loyang itu sedikit lebih banyak dibanding yang lain.



Rasanya enaaaak, manisnya pas menurut daku, lembut moist banget. Tepung Zee Muffin bisa jadi andalan kalau butuh eksekusi cepat disaat bahan, waktu dan tenaga terbatas.

Sesi pemotretan dibagi menjadi dua sesi karena muffinnya sendiri baru mulai dibuat lewat jam 4 sore. Begitu ngetring di jam 5 kurang, sudah kesorean mengejar matahari yang mulai redup karena mendung. Maklum lha, daku masih amatiran yang menganggap cahaya terbaik tetap dari pantulan cahaya matahari kalo mau jepret. Saat itu juga direngekin Kamila yang udah ga sabar buat nyicip, karena mencium wangi muffin keluar dari oven yang harum semerbak kemana-mana. Alhamdulillaah, masih bisa menyisakan 3 muffin buat dijepret besok.


Sesi kedua dijepret besoknya, sekitar jam 9.30 pagi, disaat Khalila menjiplak gambar Charlie and Lola di tas goodie bag Majalah Noor yang berbahan seperti karung terigu, untuk dia lukis dan warnai dengan acrylic dan Kamila yang juga ikutan sibuk corat-coret pakai crayon. Dan ini dia hasilnya jepretannya.




Nyesel bikin sedikit muffin ini, apa daya itu juga karena sisaan tepung zee muffin yang dulu-dulu. Jadi kalau buibu pingin bikin, daku saranin tinggal dikalikan saja jumlah resepnya dari yang daku buat yah.

6 comments:

  1. Wow..muffinnya cakep bgt dan sukses bikin ngiler sehabis sarapan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak esti,iyaaah mah, ini aja nyesel bikinnya sedikit. menul-menul wangi butter/mentega bangeeeeet.makasiy yah mak udah ninggalin jejak disini ^.~

      Delete
  2. Jadi itu yang direbus sak kaleng2nya ya Mbak? Pengin coba deh, ini gampang kayaknya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Isti ^^ sekaleng-kalengnya mbak ^^ gampang banget bikinya, hsilnya maksimal. dulche de leche enak banget buat olesan roti dan tambahan kalo bikin teh manis.. berasa minum teh tarik ^^. maaf aku baru bales yah, ini tenggelem notifikasinya>

      Delete
  3. Mba tepung zee muffin seperti apa ya? Kalau diganti tepung muffin yg ada d supermarket bisa?

    ReplyDelete
  4. Sejenis tepung mix untuk muffin mbak.. Jd thl tambah bahan tambahannya telur dan mentega, bahan sisanya spt gula, baking powder/soda sudah tercampur dlm kemasan zee muffin ini. Sama mungkin dengan tepung muffin yg di supermarket. Zee muffin niasa ada di toko bahan kue dengan varian rasa coklat dan vanila.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...