Friday, 16 August 2013

Sayur Godog Betawi


Kamis, 8 Agusrus 2013

Ini dia, sebagai orang betawi asli (mama dan alm. ayahku orang betawi), belum klop rasanya, jikalau makan ketupat bareng si semur hitam manis di hari raya tanpa ada sayur godog betawi.

Sayur godog versi keluargaku adalah sayur berbahan dasar pepaya mengkal dan berkuah santan ditambahkan dengan petai dan bumbu halus yang simpel, hanya bawang merah, cabe merah sesuai selera, ebi, terasi dan garam. That's all.

Namun, banyak variasi sayur godog yang menggunakan bahan lain selain pepaya mengkal/muda, seperti labu siam, kacang panjang atau buncis yang bisa ditambahkan dengan potongan kentang, tahu sumedang dan sedikit potongan daging/ayam. Tapi versi resep keluarga daku sendiri, khasnya sayur godog tanpa tambahan bahan-bahan tersebut.

Pernah coba membuat pakai labu siam, tapi jadi kehilangan ciri sayur yang biasa jadi suguhan lebarannya, karena identiknya harus pepaya mengkal/muda dimana para penjual pepaya muda ini sudah berjejer dipinggir jalan menuju pasar didekat rumah saat menjelang hari raya. Versi selain menggunakan pepaya muda, daku rasa lebih cocok untuk suguhan menu sehari-hari, dimana labu siam, kacang panjang atau buncis lebih mudah dibeli dibanding pepaya muda. Istilahnya mah pada saat menjelang hari raya, saatnya dikeluarga kami memburu penjual pepaya muda yang hanya banyak berjualan menjelang hari raya.

Ini dia resep versi keluargaku

:: SAYUR GODOG BETAWI ::

Bahan :
- 1/2 kg pepaya mengkal, diperet lalu dikukus hingga layu
- 1 butir tomat ukuran besar
- 2500ml air santan dari 1 butir kelapa besar
- 2 ruas jari lengkuas
- 3 lembar daun salam
- 2 batang daun bawang
- Petai sesuai selera
- gula merah secukupnya, sebagai penyedap rasa

Bumbu halus :
- 10 butir bawang merah
- 3 buah cabe merah keriting, bisa diskip atau ditambah sesuai selera
- 1 sdm ebi, rendam dalam sedikit air matang, gunanya supaya ebi lebih mudah dihaluskan.
- Terasi secukupnya
- garam secukupnya

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan tomat, lengkuas dan salam.
2. Masukan pepaya yang telah dikukus, aduk hingga rata dengan bumbu.
3. Tambahkan air santan, terus diaduk agar santan tidak pecah, masak hingga matang
4. Matikan api, beri irisan besar daun bawang. 5. Sajikan



Biasanya menu hari raya ini dibuat saat H-1, dimasak saat siang menjelang sore, sehingga ketupat, sayur godog dan semur daging khas betawinya sudah bisa dinikmati saat berbuka puasa terakhir di bulan ramadhan. Apabila mau memanasi sayur godog, tipsnya panaskan hingga mendidih tanpa ditutup, lalu matikan api, biarkan uap panasnya keluar dan hilang baru ditutup. Jangan pernah dalam kondisi panas-panas ditutup, hal ini membuat uap panas terperangkap, membuat sayur godog berbuih dan cepat basi.

Selamat mencoba ^.~

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...