Thursday, 8 August 2013

Scary Purple Monster # 1 Bekal Khalila untuk Lomba Frisian Flag


Assalamu'alaikum 

Hari ini daku pingin posting tentang bekal Khalila yang pernah terdokumentasi untuk ikutin lomba bekal yang diadakan oleh Frisian Flag lewat fanpage-nya di facebook. Kalau tidak salah, info lomba ini daku dapat dari Bunda Meity yang colak-colek lewat twitter tanggal 30 November 2012 lalu. Berhubung tenggang waktu lombanya masih sekitar 10 hari dari closing date-nya, alhamdulillaah, daku sempat submit sebanyak 7 bekal Khalila. Nah, sekarang cerita foto bekal yang pertama submit dulu yah Buibu, tema bekal kali ini 'Scary Purple Monster' adaptasi dari bukunya Mba Irene jilid II yang daku dapat secara gratis dari Mba Irene sendiri dalam rangka launching buku jilid II ini di komunitas i-bento. Selain buku, dapet juga lunchbox dan tas lunchboxnya juga lho. Alhamdulillaah, keberuntungan yang lagi memihak padaku saat itu. 

 Balik lagi ke penampakan bekal Scary Monster ini yang saat itu dijepret seadanya pake kamera BB, bekal Khalila dulu memang belum sadar kamera hihihiihihihi. Okay, nasi berwarna ungu, itu daku buat dengan mengaduk nasi putih yang sudah matang dari magic com dengan ubi ungu yang telah dikukus. Kebetulan sekali, beberapa hari sebelumnya, EyangKung Tukey memberikan ubi ungu ini kepadaku dan belum sempat 'dicolek-colek'. Jadi hari itu ubi ungunya daku kukus, mau dijadikan cemilan dengan taburan kelapa parut dan palm sugar, diambil sedikit buat jadi pewarna nasi putihnya deh. Setelah nasi putih dan ubi ungu tercampur rata, daku kepal nasinya, dan dibentuk bujur sangkar. Tanduk, mata, hidung dan gigi yang berwarna putih daku buat dari keju cheddar lembaran. Membentuk tanduk dengan cara memotongnya dengan menggunakan pisau kecil, pertama dipotong berbentuk 'gawang' sepak bola atau huruf 'U' terbalik, lalu dipotong sama, sehingga menyerupai huruf 'J' tata diatas nasi sedemikian rupa. Mata dibentuk dari cutter bulat, hidung dicutter dengan menggunakan sedotan 'pop ice', dan gigi menggunakan sedotan limun yang lebih kecil. 

Seperti biasa, yang hitam-hitam untuk menjadi bola mata dan mulut daku menggunakan si 'Mpok' nori lagi dengan menggunakan gunting. Telur puyuh berwarna-warni, yang kuning diperoleh dari telur puyuh yang sudah direbus dan kupas, lalu direndam dalam larutan kunyit (kunyit bubuk+air hangat matang), merah ke-pink dari air hasil parutan strawberry, dan yang biru dari pewarna makanan berwarna biru. Sayap ayam yang digoreng tepung dan ditempatkan disudut-sudut atas lunchbox, ditambah tumisan jagung dan wortel. Sosis dibelah membentuk bunga lalu direbus, labu siam baby yang direbus, daun selada dan strawberry sebagai pelengkap hiasan. 

 Taram, jadilah bekal Scary Purple Monster


No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...