Wednesday 25 September 2013

Doraemon (ドラえもん) Bento # 31


Rabu, 25 September 2013

Robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 yang dikirim ke abad ke-20 untuk menolong Nobita. Lahir pada 3 september 2112. Tinggi badannya 129,3 cm dan berbobot 129,3 kg. Makanan kesukaannya adalah dorayaki. Doraemon sangat menyayangi dan setia kepada Nobita. Seringkali ia menolong Nobita walaupun ia sendiri dalam kesusahan. - Om Wiki -

Siapa yang tidak kenal Doraemon, diawal tahun 1990-an, film kartunnya selalu wara-wiri setiap hari minggu di stasiun televisi RCTI. Hapal dengan lagunya yang "aku ingin begini, aku ingin begitu, ingin ini, ingin itu banyak sekali... " Agak riskan mau melanjutkannya, soalnya khan semua keinginan dikabulkannya sama Allah Swt yah, itu pun jika Allah menghendaki, bukan sama kantong ajaibnya Doraemon. 

Nah, si Mba R Irianto, temanku di dumay yang tinggal jauh di Ruwais, Abu Dhabi sana, senengannya itu ngasih PR tentang karakter-karakter yang harus kujadikan bekalnya Kamila. Disebutlah mulai dari princess, barbie, Doraemon, sampai Agnes Monica. Nih, Mba R, daku bikin sekarang si Doraemon yah ^^, jangan ditambah lagi PR ku buat bekal-bekal selanjutnya. wong yang udah kesebut aja belum semua dibikin, bagai mana caranya si Agnes Monica yang lagi jejingkrakan harus jadi model bekalnya Kamila yah??? But eniwei baswei, malah karena Mba R suka ngasih PR, daku jadi ada ide dan nambah inspirasi buat disulap jadi apa bekal-bekal Kamila setiap pagi. Makasih yah Mba R sayangkuh!

Sudah banyak teman-teman lain yang mulai menyulap bekal anaknya, baik yang secara terang-terangan laporan kepadaku maupun yang diem-diem berkunjung ke blogku, soalnya sempet iseng liat statistik pengunjung blog, wow, pagi-pagi ternyata sudah banyak yang mampir dan ngintip. Tapi herannya, soulmate perdapuranku yang intens keep in touch, si jeng Eliza dan Mba R ini belum juga berkutik buat maen sulap-sulapan bekal. Sudah ditoyor, sudah dislepet, udah digaplok, tetep aja ga bergerak. Curiga si Mpok Nori-nya Jeng Liza berubah jadi lumutan saking lamanya dibeli, tapi sampai sekarang belum dipakai-pakai. Hihihihi kalau Mba Naura Pertiwi sih, udah beberapa kali menginbox daku, dan dia mulai sulap bekal anaknya, walaupun sekarang masih kerasa hoax, karena penampakan tuh bekal tidak pernah muncul di wall pertempuran kami. 


Okay, sekarang kita berlanjut ke step-stepnya yah. Sekali-sekali boleh dong pakai pewarna makanan? nah dengan terpaksa karena tidak tau lagi harus mewarnai biru di Doraemon dengan apa, harusnya sih pakai furikake yang dicampurkan ke dalam nasi putihnya, tapi furikake itu khan rasanya nyifud banget, Kamila sudah dipastikan tidak bakal doyan. Jadi, daku menggunakan pewarna makanan warna biru sedikit saja kedalam nasi putihnya. Campur dan aduk hingga warnanya merata yah, hasilnya agak lengket pastinya dibanding nasi putih biasa. Kalau sudah tercampur rata, sisihkan dulu saja yah, karena sebaiknya yang dikepal pertama kali yah nasi putihnya dulu. Dikepal berbentuk bulat, nah baru deh nasi warna birunya kita kepal lalu bentuk setengah lingkaran, untuk melingkari setengah lingkaran si nasi putih. Butuh kesabaran sedikit yah saking lengketnya, daku buat hingga bener-bener mirip kepala si Doraemon. Tadi sih daku butuh 3-5 menitan hingga dapet hasil sesuai penampakan diatas. Begitu kepala jadi, tarik nafas deh, alhamdulillah mirip. Nah kepala si Doraemon ini langsung daku amankan, soalnya lauk pauk yang lain emang belum dimasak.

Kamila minta cumi goreng tepung, ikut-ikutan si Kak Khalila yang lagi kerajingan seafood digoreng tepung. Semalem cumi bekunya sudah daku pindahkan ke kulkas bawah dalam chiller. Cumi ini dibeli wiken kemarin, sehabis dicuci bersih, dipotong-potong, siram perasan jeruk nipis supaya tidak amis, cuci bersih lagi, lalu daku masukan ke dalam beberapa wadah yang diisi  untuk sekali masak. Begitu pun chicken drum, udang, dan chicken fillet. Langsung dipisahkan untuk sekali eksekusi. Jadi sisa yang lainnya masih aman dalam kondisi membeku. Nah, si cumi sudah tidak beku lagi dari chiller, langsung daku tepungin deh, requestnya digoreng harus garing seperti calamary. Lalu merebus telur ayam. Kok telur ayamnya kecil yah? hihihihihihi ini sisa telur ayam dari Ayam Ketawa yang induknya tidak mau mengerami itu telur. Jadi sehabis Si Induk Ayam Ketawa ini bertelur, langsung diamankan ke dalam kulkas. Bentuknya 3 kali lebih besar dari telur puyuh tapi lebih kecil dari telur ayam kampung biasa.

Begitu cumi goreng tepung dan telur ayamnya mateng, baru kita set-up ke dalam lunchboxnya. Pertama, setelah menempatkan daun selada disisi-sisinya, baru dengan hati-hati daku menempatkan kepala Doraemonnya, lalu mulai mendetail wajahnya. Mata dulu yah, cutter keju cheddar dengan menggunakan sedotan bubble, tempelin nori deh. Lalu hidungnya, nasi putih sedikit daku kasih tetesan stroberi, bikin bulatan kecil, letakan dibawah matanya. Nah sekarang gunting nori dengan hati-hati dan setipis mungkin berbentuk parabola untuk garis senyum mulutnya, dan panjang-panjang untuk kumisnya. Alhamdulillah mirip. Baru deh platting si anggur merah, cumi goreng tepungnya, lalu telur rebus yang sudah dibelah dua. Biar makin rame penampakannya, telur rebusnya dibikin lebah saja, dengan memberikan detil potongan nori berbentuk stripes di bagian kuningnya, tempelin mata dan mulutnya. Tring! jadi....


Hari ini, si Ummi cuti anter jemput Tukey, karena ada sesuatu yang lebih urgent yang harus dikejar. Jadi setelah Tukey berangkat, Si Ummi juga langsung menghilang ditengah kemacetan Jakarta. Dan begitu sampai di tekape, ternyata ga ada sinyal yang bisa ketangkap, jadi akhirnya, late posting deh yah episode si Doraemon ini. Walaupun terlambat, semoga tetap bisa diintip dan jadi inspirasi "menyulap' bekal buat besok pagi ^^. Terima kasih sudah mampir yah, Temans!

Eh yah, gambar si Doraemonnya itu daku intip dari PP blackberrynya Miss Amel, Wali kelasnya Kak Khalila di sekolah lho ^^ ini dia PPya Miss Amel yang jadi contekannya.



6 comments:

  1. hadiiiiiiiiiiirrr, ah lutuna si doraemon, bikin temen2nya sekalian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa,, tar gw bikin temennya liz, lagi ngacaan dulu ini pada ^^ biar cakep hihiiiihih.. Gantian yah, abis bikin bintang si mr patrick, lu bikin spongebobnya yah ^^

      Delete
  2. Aku ingin begini, aku mau begituuu. Aku mau Doraemon yang iniiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Budehay,, Kamila alhmadulilah juga habis lho bekal yang ini.. ketularan Mas sultha alhamdulillah ini ^^, ngunyah terus dan minta makan. hehehehehe makasiy sudah mampir yah ^^

      Delete
  3. La La La
    Aku sayang sekali Doraemon
    #singing

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih Mik ke Mak Chae, biar nyanyinya makin kenceng ^^ xixixixixi beda emang mantan artis, dimana-mana nyanyiiiiiiii.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...