Monday 4 November 2013

Happy 1st Birthday Sekar Dita - Angry Bird Bento


Happy 1st Birthday Sekar Dita

Semoga tumbuh sehat sempurna jadi anak sholihah, qurrotaa'yun, akhlaqul karimah. Cerdas, pintar, dan membanggakan Mama Papa. Aamiin Yaa Robbal'alamiin


Tadinya, postingan order lunch box-nya Tiyas ini, untuk ulang tahun putri keduanya, Sekar Dita (1T), tidak mau Daku posting di blog. Karena hasilnya, buatku sendiri yang mengerjakan, masih kurang sreg. Tapi karena banyaknya insiden dalam proses pengerjaannya kemarin, membuatku berpikir, ada baiknya diposting. Biar Daku dan teman-teman bisa sama-sama belajar.


Sejujurnya, walaupun sempet 'salting' tiap nerima orderan, untuk kali ini Daku agak santai. Gimana ngga, semula Tiyas menginfo mau order lunch box diatas 60 box. Itu dibagi untuk 2 acara. Siang untuk anak yatim piatu di panti asuhan, dan malamnya di rumah, untuk para keponakan dan teman-teman tetangga rumah. Kebayang dong gimana riweuhnya daku untuk bikin 2 menu bento yang berbeda, acara siang, dan acara malam. Acaranya pun diundur, semula untuk tanggal 28 Oktober 2013 berubah menjadi tanggal 2 November. Wiken!

Alhamdulillah 2 minggu sebelum hari H, rencana berubah, untuk acara di panti asuhan, akhirnya diputuskan untuk order fastfood saja. Pertimbangannya, pertama, karena anak panti jarang sekali menikmati makanan fastfood. Kedua, kembali lagi kepada kepraktisan. Karena untuk acara di panti, Tiyas sendiri yang harus mengambil bento itu ke rumahku dan itu cukup merepotkan. Untuk acara malam, Daku bersedia mengantar, sekalian datang menghadiri acara ultahnya Sekar. Dan jadilah 25-30 porsi lunch box bento saja yang harus kubuat.


Yang bikin santai kedua, karena acaranya itu untuk malam, jadi Daku tidak perlu bangun dini hari bahkan begadang, untuk masak-masak dan menghiasnya menjelang shubuh seperti order-order sebelumnya.
Memang rata-rata yang pernah order bento padaku itu diambilnya abis shubuh, paling telat jam 8 pagi. Sedangkan order Tiyas jam 4 sore baru diantar, jadi  masih bisa bersantai-santai saja dulu.

H-1 daku belanja keperluan menu buat besok. Deal dengan menu capcay komplit (ada ayam, bakso dan jamur) + bakso seafood + ayam fillet crispy + buah stoberi dan anggur. Ternyata begitu belanja, stok ayam filletnya sedikit sekali yang tersisa. Duh! Menghubungi Tiyas lewat BBM,  mau ganti menu ayam filletnya dengan apa gitu? Dan Tiyas bersedia diganti menunya dengan udang crispy. Melihat penampakan udangnya juga kecil-kecil, si Ummi jadi tidak bersemangat juga, dan akhirnya memaksa si Mas penjaga counter ayam di carefour, untuk memfillet dada ayam tersisa yang masih ada.

Pas hari H, sabtu (2/11) kemarin, daku mulai mengeksekusi jam 11.00. wib. Dinikmati semua tahapannya. Ayam fillet tepung sih sudah ditepung dari jam 9.00 wib dan baru akan digoreng 1 jam sebelum waktu keberangkatan bento boxnya. Tinggal capcay yang mau dimasak jam 12.00 wib. Nasi putihnya juga baru dimasak. Buah anggur dan stroberi serta selada sudah segar bugar habis dicuci bersih.

Tepat jam 13.00 wib, daku mulai mengepal nasi. Tiyas meminta bentuk angry bird karena tema ultahnya semua angry bird. Angry bird putih yang kukepal bulat sedikit membentuk segi tiga.

Semua masih berjalan normal hingga saat menempelkaan nori untuk alis matanya. Tak beberapa lama setelah ditempel, nori mulai mengkerut, keriting. Angry bird berubah lebih mirip Minion! Berulang kali kulepas dan kuganti dengan guntingan nori yang baru, masih tetap sama, Mengkerut! Disusul daun selada yang mulai lemas dan layu. Pasang ac di ruang tengah plus kipas angin, tetapi tidak juga membaik, nasi putih juga mulai kencang karena udara masih tetap panas. Ganti nori, ganti selada.

Hingga jam 15.00 wib daku menelpon Tiyas, merasa give up! Masih keburu kalau Tiyas mau order fastfood buat acara di rumah nanti malam. Tapi telponku tak diangkat Tiyas, sepertinya dia masih sibuk acara di panti asuhan.

Keringat dingin membasahiku, adrenalinku naik hingga ke ubun-ubun dan jantung kaya mau copot. Membayangkan bagaimana kelanjutan  orderan ini. Kuambil bb, kujepret penampakan Angry Bird yang lebih mirip Minion. Send it to Tiyas.



Tak beberapa lama, Tiyas membalas, "Bagus kok, Mbak!" Langsung kususul dengan balasan "Yakin, Yas? Gapapa jadinya mengkerut begini penampakan si angry bird?" Dan tiyas menjawab "Iya, Mbak, gapapa. Bagus kok!"

Respon Tiyas akhirnya bisa sedikit menenangkanku. Dan berpikir positif sekaligus memberikan sugesti kalau Daku mampu menyelesaikan si Angry Bird ini. Sambil mencari-cari letak kesalahan si nori dkk ini dimana?

Tidak seperti biasanya si nori demo hingga keriting, begitupun selada. Kuambil bb, kusms si Tetew.
 "Mau nangis rasanya, orderan bento angry bird, norinya pada keriting lama-lama, huaaaaa sumpeh stress beraaaaat ayeeee!!" Dan dibalas Tetew "buat kapan? Gue ada" menyusul balasan kedua "Euh baru ngeh.. jadi si nori itu udah dipasang dan kemudian jadi keriting ya? Gue tadi kira kalau stock norinya udah pada kriting. Makanya gue tawarin yang gue punya. Huhu maaf ya. Gak konsen, soalnya tadi lagi di kelas."

Daku sms ke Tetew, pas Tetew lagi ngedosen. Sebenernya dengan daku sms beliau ini, ingin kasih info kondisi yang kualami. Dan itu sering kami lakuin satu sama lain, yang biasanya memberikan efek lebih lega karena 'penderitaannya' terbagi. 

Pelan namun pasti, berusaha tetap tenang akhirnya kelar semua tepat jam 16.30. wib. Mundur 30 menit dari jadwal. Set-up dalam kontainer dan siap diangkut ke TKP.  Alhamdulillah, Lega!




Hasil investigasi :
1. Harus tetap melaksanakan simulasi.
Sebelumnya, setiap menerima order bento, Daku pasti melakukan simulasi. Dari mulai sketsa gambar dan tata letak, hingga waktu tempuh menghias tiap itemnya untuk menghasilkan 1 box bento utuh. Karena terlalu menganggap enteng dan mudah, jadi simulasi ini tak kulakukan kemarin.
2. Suhu mempengaruhi item bento.
Terbiasa mengeksekusi bento shubuh-shubuh atau pagi hari, membuatku tidak tahu kalau masing-masing item itu terpengaruh suhu. Pagi hari, Selada masih tetap segar bugar, nori juga lurus-lurus saja tidak keriting. Begitupun nasinya. Ternyata, pada saat suhu udara panas, itu membuat nori mengkerut dan keriting, begitupun sebaliknya, jika terlalu dingin dan lembab, si nori juga bakalan lemas dan lepek.

Untuk temans yang ingin membuat bento atau memesan bento, kayanya harus mengetahui hal berikut :

Bento itu dihias dan dikemas dalam keadaan semua sudah hilang uap panasnya. Jangan pernah membayangkan makan nasi bento itu dalam kondisi yang masih hangat. Perjalanan bento dari mulai dibuat hingga bisa disantap itu memerlukan waktu yang lumayan panjang, beda dengan nasi bungkus/kotak lainnya yah ^^. Kecuali bikinnya cuma 1-2 porsi saja  bisa jauh lebih cepat. Kondisi waktu yang panjang ini otomatis bisa mempengaruhi taste dari makanan itu sendiri, yang terkadang jadi berubah. Misalnya, ayam crispy sudah kurang kriuk lagi, Nasi uduk yang biasanya dimakan hangat-hangat pasti rasanya juga berubah apabila dimakan saat tidak hangat.

Demikian, semoga bermanfaat.


4 comments:

  1. wwwiiiighh gurih sekali sepertinya itu makanannya,. jadi pengen lahap,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Om Fikri, sudah di mampiri sini ^^ silahkan om, tapi makannya dicuil-cuil yah ^^

      Delete
  2. memang iya yah mak, makanan yang dibungkus itu rasanya berbeda dengan saat baru bikin. ya karena efek suhu juga. tapi untunglah orderannya akhirnya lancar jaya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali Mak, pasti berbeda apalagi waktu konsumsinya lebih panjang daripada nasi kotak/bungkus lainnya. Alhamdulillah, akhirnya lega juga ^^ makasih yah Mak Rochma ^^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...