Tuesday 17 February 2015

Garlic Bread



Kami sekeluarga suka sekali sweet baquette. Roti yang penampakannya seperti tongkat pemukul kasti ini tidak sulit ditemui. Bukan cuma di toko bakery ternama saja, namun hampir di semua supermarket besar menyediakan roti ini. Kami biasanya menikmati roti ini saat kondisinya yang masih lembut. langsung dimakan tanpa diolah menjadi apapun sudah terasa enak dan nikmat. Lain lagi rasanya jika dioles es krim ataupun selai. Pengolahan sweet baquette yang biasanya sering ditemui adalah garlic bread dan bruchetta.



Nah, saat belanja bulanan minggu lalu, Pak Suami membeli sweet baquette dan langsung menghampiri saya. Dia bilang tolong sesekali roti ini diolah, terserah mau dijadikan cemilan apa saja. Saya bertanya, mau yang rasanya manis atau gurih? dengan semangat 45 dia bilang yang gurih saja.

Sebetulnya, permintaan suami kali ini menjadi pekerjaan rumah banget buat saya. Di rumah sedang tidak ada yang membantu. Semua pekerjaan rumah tangga dan anak-anak saya tangani sendiri. Ditambah musim hujan juga yang membuat waktu terasa cepat sekali berjalan karena pekerjaan rumah yang tidak selesai-selesai. Habis hujan harus bolak balik bersihkan lantai yang basah biar tidak licin. Ada Baby Kahfi yang kalau demonstrasi mencari perhatian umminya sudah tidak pakai merengek lagi, tapi langsung menjerit histeris. Buat saya, setiap habis bikin sesuatu kalau tidak difoto itu sayang banget. Bisa buat bahan ngeblog soalnya. Nah, dengan permintaan Pak Suami ini, berarti saya juga harus memotret hasilnya buat ngeblog. So? okeh saya kabulkan tapi dengan perjanjian, beliau harus jagain anak-anak selama saya di dapur dan berkutat dengan sweet baquette ini.


Yang paling gampang dan cepat saja pastinya, garlic bread. tinggal dipotong-potong, oles-oles dan tabur-tabur lalu panggang 15 menit. Kenapa bukan bikin bruchetta aja sih? kayanya lebih nikmat buat dijadikan cemilan sore-sore yang gerimis.  Kalau bikin Brucetta khan harus ada sausnya. Nah, saya males. Pokoknya dipikiran saya bagaimana dalam waktu 1 jam, bisa mengolah sweet baquette lalu dipotret.

Resep garlic bread saya ini hasil oles-oles versi saya yah. Ternyata hasilnya diatas ekspektasi saya, lebih enak dibanding garlic bread yang ada di restoran pizza itu pastinya. Ditambah keju mozarella buatan sendiri yang membuat rasanya makin maknyus dan harum butter saat dipanggang bertebaran seantero rumah. Kapan-kapan saya posting resep keju mozarella homemade-nya yah. Baiklah, ini resep gampang versi saya.

:: Garlic Bread ::

Ingredients :
1 sweet baquette ukuran besar
2 siung bawang putih ukuran besar, cincang halus
2 sdm salted butter
keju mozarella secukupnya
bubuk oregano

How to :
1. campur bawang putih cincang dengan salted butter, aduk hingga merata
2. potong sweet baquette sesuai garis lalu olesi dengan salted butter yang sudah dicampur dengan bawang putih
3. tambahkan keju mozarella secukupnya dan bubuk oregano
4. panggang 180 dercel api atas bawah selama 10-15 menit



Penampakan keju mozarellanya kurang meleleh, karena tadi saya tidak memarut keju mozarellanya, tetapi dipotong dadu. butuh waktu lebih lama untuk meleleh sementara sweet baquette sudah kuning keemasan warnanya. Eh ternyata, saya baru  ingat masih ada sedikit saus bolognaise. Sisa bekal spagahetti Kamila ke sekolah. Lumayan buat nambahin cocolan garlic breadnya. Kalau tadi sausnya untuk bahan membuat bruchetta sepertinya tidak cukup. Rasa garlic bread ini mantep surantep. Paduan krinyus menyes-menyes garing dan gurih tiada tara. Harum butter makin membuat berselera. Waktu bikinnya 20 menit, dimakannya tidak sampai 5 menit.  

5 comments:

  1. Tapi kan seneng mbaa,kalau cepat habis berarti banyak yang suka hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. bener Mbak nop, makanya jatah yang buat jadi model harus diselametin cepet-cepet. kalogga, bisa ilangga sempet terdokumentsi. ini selesai jadi model khan udah melempem yo, akhirnya masuk oven lagi sebentar soalnya masih banyak yang ngantri pengen nyaplok.

      Delete
  2. Kudu bikin ini nih mak, serumah doyan soalnya. Bisane kan tinggal beli, qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak... ampil pisan inih, saya kalau mau bikin ini harus nyelametin baquettenya dulu sebelum dicgaplok ditempat.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...