Tuesday, 31 March 2015

Bubur Ceker Komplit


 Jumpa lagi, Mommies !

Saya menggunakan kaldu ceker yang resepnya ada di postingan sebelumnya untuk membuat mpasi 8 bulannya Baby Kahfi  kali ini.

Sekilas penampakan foto bubur cekernya seperti nasi goreng yah! Mungkin karena efek wadah yang saya gunakan sebagai properti pemotretan bubur ini adalah penggorengan kecil. Padahal ini bubur mpasi yang proses pemberiannya untuk Baby Kahfi masih harus saya haluskan lagi. Biasanya disaring dengan menggunakan saringan kawat atau blender jika malas melanda.


Bubur ini sangat kaya nutrisi, saya buat untuk mengembalikan bobot tubuh Baby Kahfi yang sempat turun karena sakit batuk pilek kemarin. Jadi 3 jenis karbohidrat saya gunakan sekaligus untuk membuat bubur ini. Baiklah, singkat saja resepnya saya tulis disini yah !


:: Bubur Ceker Komplit ::

Bahan :
- 125ml kaldu ceker, lengkap tanpa disaring (ceker, wortel, bawang bombay dan daun bawang selederinya tetap digunakan)
- 200ml air matang
- 2 sdm nasi putih
- 1 sdm nasi merah (yang dimasak dari beras merah)
- 1/2 bonggol jagung, pipil
- 1 buah labu siam baby, potong dadu
- 1/4 buah tomat, buang biji potong dadu
- 1 potong tahu, potong dadu
- 1/4 sdm unsalted butter

Cara membuat :
1. Masak nasi putih, nasi merah dan jagung pipil dengan air dan kaldu ceker lengkap.
2. Tambahkan labu siam, tomat dan tahu
3. Masak hingga semua lembut dan matang
4. Tambahkan unsalted butter, aduk rata. Angkat.

Jika waktu mepet, saya memang terbiasa menggunakan nasi yang sudah matang untuk dimasak kembali menjadi bubur. Seperti nasi merah ini, karena memasak beras putih dan merah hingga menjadi bubur biasanya membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Bubur ini bisa dijadikan bubur tim untuk bayi yang sudah berumur 9 bulan dan pinter mengunyah, hanya untuk sayurannya diserut saja. Dan hati-hati dengan tulang kecil-kecil dari si ceker ini. Untuk Baby Kahfi saya saring dengan saringan kawat. Baby Kahfi masih pada tahapan bubur saring, terlebih hingga saat ini belum ada satupun gigi yang muncul.

Semua bubur yang menggunakan air kaldu, rasanya tetap gurih dan enak meski tanpa gula dan garam. Aromanya semakin menggugah selera terlebih saya tambahkan unsalted butter ke dalam buburnya. Semoga berat badan Baby Kahfi cepat kembali naik. Aamiin yra.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda