Tuesday, 28 April 2015

Bubur Kacang Hijau Ati Ampela

 -

Dalam jangka waktu 3 bulan, berat badan Baby Kahfi hanya naik 400 gram saja. Sedih banget rasanya. Seminggu menjelang imunisasi campak, nafsu makan Kahfi memang lagi hancur-hancuran. Dia makin mudah bosan. Mulai banyak main dan bergerak. Membuat saya juga kewalahan mengikuti gerakannya yang melintir kesana-sini saat digendong. Imbasnya, selain berat badan kahfi yang sedikit kenaikannya, berat badan saya juga melorot turun 4 kg, kembali ke bobot sebelum hamil dulu.

Saya curhat ke Dokter Osrizal tentang kenaikan berat badan Kahfi ini. Walaupun sebetulnya, kedua kakaknya dulu juga seperti itu dan harusnya saya terbiasa karenanya. Berhubung Kahfi bayi laki-laki, yang katanya lebih 'rakus' dibanding dengan bayi perempuan, dan berat badannya naik secara signifikan, tapi tidak demikian halnya dengan Kahfi, itu yang membuat saya cemas.

Sambil menunjukkan aneka menu mpasi Kahfi, Dokter Os malah menanggapinya dengan santai. Tidak apa-apa, Kahfi tetap sehat dan ceria. Tidak ada yang salah dengan menu mpasi yang saya berikan, kenaikan berat badannya tidak signifikan karena dia sudah aktif dan banyak bergerak, jadi energi yang dia punya semua digunakan untuk itu. Lega sih, cuma terkadang saya masih suka membandingkan dengan bayi-bayi lain seusianya yang jauh lebih berisi.


Menurut informasi yang saya temukan, katanya untuk menambah berat badan bayi, selain double karbo, kita juga bisa menambahkan lemak seperti mentega, minyak zaitun dan santan ke dalam menu mpasinya. Jadi untuk menu kali ini saya menambahkan santan kental.

:: Bubur Ati Ampela Kacang Hijau ::

Bahan :
- 1 potong ati ampela ayam
- 1 genggam beras putih
- 1 sdm kacang hijau
- 1 sdm jagung manis pipil
- 400 ml air putih
- 50 ml santan kental
- 1 buah labu siam baby
- sedikit keju parut dan unsalted butter

Cara membuat :
1. Didihkan air, masukkan beras dan kacang hijau. Masak hingga kacang hijau pecah kulit, tambahkan jagung pipil.
2. Tambahkan ati ampela.
3. Tambahkan labu siam dan santan, masak hingga semua menjadi bubur. Angkat.
4. Tambahkan keju parut dan unsalted butter. Sajikan hangat.


Rasa manisnya dapet banget dari jagung pipil dan labu siam baby. Taste seperti makan bubur kacang hijau padat karbohidrat karena ditambahkan beras putih. Rasa gurih didapat dari santan dan ati ampela ayam. Selama cita rasa mpasinya itu manis, Baby kahfi enjoy-enjoy saja makannya meski tetap banyak aksi. Disinilah saya dituntut untuk makin kreatif menyuguhkan mpasi untuknya yang bercita rasa manis namun tetap lengkap kandungan gizinya. Semoga bulan depan berat badannya naik dengan signifikan yah Nak!


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda