Thursday, 9 April 2015

KALDU UDANG


Ini dia kaldu udang yang saya singgung dipostingan bubur udang sebelumnya.
Alhamdulillah, setelah pagi yang penuh drama dengan proses sarapan kahfi yang luar biasa menyita tenaga *bosen dengan suasana makan sambil duduk dan bergonta-ganti mainan hingga 12 kali supaya bisa makan dengan tenang. Akhirnya saya sempat ber'me time' ria untuk ngeblog. Bener-bener terapi jiwa, melipir sebentar di depan laptop hingga waktu Kahfi bangun tiba. 

Antrian draft postingan blog semakin menumpuk! Sepertinya hari ini, saya mau kejar setoran. Semoga bisa memposting beberapa postingan sekaligus. Setiap habis memotret makanan saya segera membuat draft-nya. Hanya sekedar memberikan judul dan menempelkan foto supaya tidak lupa. Menulisnya itu nanti, harus menunggu waktu senggang melalui media note Blackberry atau seperti sekarang ini saat online via laptop.



:: Kaldu Udang ::

Bahan :
- 100 gram udang utuh ukuran besar + kepala, kulit dari sisa udang kupas 250 gram (udang kupasnya untuk kakak dibuat udang goreng tepung)
- 750 ml air putih
- 1 buah bawang bombay, belah 8
- 2 ruas bawang putih, memarkan
- 1/2 ruas jahe, memarkan
- 2  lembar daun salam
- 1 batang sereh, memarkan
- 1 buah wortel
- 1 batang daun bawang
- 2 batang daun selederi

Cara membuat :
1. Semua bahan dicuci bersih lalu masukkan semua bahan ke dalam panci, masak hingga air berkurang setengahnya. Angkat.
2. Saring kaldu dan simpan dalam wadah tertutup. Simpan dalam freezer agar tahan lama.  

Jika sewaktu-waktu ingin menggunakan kaldu, keluarkan dari freezer, diamkan pada suhu ruang hingga benar-benar mencair. Kaldu siap dimasak kembali dengan bahan makanan lain.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda