Wednesday, 27 May 2015

Caramelized Banana Toast dengan E-Cook Deco Fry Pan LOCK&LOCK





Pagi yang cerah, diawali dengan sarapan semangkuk salad buah, sebotol kecil yoghurt dan "Caramelized Banana Toast" untuk menghadapi hari ini yang super duper sibuk. Duh keren banget namanya, sok nginggris banget ! Padahal yang dimaksud adalah roti bakar tiga lapis yang berisi dengan pisang karamel. Olahan pisang uli hasil panen dari halaman rumah memang menjadi andalan menu sarapan atau camilan keluarga saya. sesimpel apapun pisang uli diolah, rasanya tetap maksimal. Rebus, kukus, goreng semua oke. Untuk snack atau bekal sekolah kakak hingga mpasi Baby Kahfi.


Pisang buat saya sebagai bahan pangan penyedia sumber energi (karbohidrat) yang cepat bila dibutuhkan dibandingkan dengan buah-buahan lain. Seperti saat-saat waktu makan tiba, namun Baby Kahfi masih menyita perhatian saya, pisanglah yang sering saya konsumsi untuk mengganjal rasa lapar.






Kali ini, sarapan salad buah, yoghurt dan roti bakar isi pisang karamel ini memang bisa dibilang berat. Pasalnya saya mengantisipasi jam makan siang saya yang sudah dipastikan mundur 2-3 jam dari waktunya. Dengan komposisi sarapan seperti ini, saya akan punya cukup cadangan tenaga selama mengasuh Baby Kahfi yang sedang belajar merambat, berdiri dan wara-wiri sambil dititah jalan.

Untuk isi salad buahnya, saya menggunakan buah melon, semangka, pepaya dan nanas yang dipotong-potong lalu disiram extra virgin olive oil, saus thousand island, dan mayonaise. Nah, lanjut untuk roti bakar pisang caramelnya yah.  Resepnya mudah dan simpel saja.



:: Caramelized Banana Toast ::

Bahan :
- 3 lembar roti tawar kupas
- 4 buah pisang uli, potong-potong
- 3 sdm mentega/margarin
- 2 sdm gula palem/palm suiker/gula merah halus/gula semut
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt kayu manis

Cara membuat :
1. Panggang kedua sisi masing-masing lembar roti tawar diatas pan anti lengket hingga kering kecoklatan. Angkat. Sisihkan.
2. Lelehkan mentega atau margarin diatas pan anti lengket, tambahkan pisang uli potong. Masak hingga satu sisi pisang matang kecoklatan, balik dan masak sisi selanjutnya.
3. Tambahkan gula palem, gula pasir dan kayu manis bubuk. Masak hingga gula dan pisang terkaramelisasi. Angkat.
4. Dalam piring, letakkan lembaran roti tawar panggang pertama, isi dengan setengah bagian pisang karamel, tumpuk dengan roti kedua, isi lagi dengan sisa pisang karamel, tutup dengan lembaran roti ketiga. Lalu siram bagian paling atas roti dengan sisa karamel yang tersisa di pan anti lengket. Potong dua, sajikan.

*untuk 1-2 porsi, untuk porsi keluarga, silahkan dikalikan sesuai dengan jumlah Anggota keluarga.


Roti bakar pisang karamel ini enak banget. Manisnya buat saya pas! Bahkan jadi tidak terlalu manis karena dipadu dengan plain yoghurt yang asam. Aroma kayu manis dan mentega sangat menggoda, hingga berasa sedang sarapan di toko roti yang aromanya full buttery.

Saran saya, jangan menggunakan roti tawar kupas yang tipis. Tapi, gunakan roti tawar kupas olahan dari pabrik rumahan yang berbentuk bantal yang sering abang-abang roti jajakan di depan rumah setiap pagi dan sore. Tekstur roti tawar itu biasanya lebih padat, hingga tidak kempis dan basah saat diisi dengan pisang karamel. Kita bisa merasakan aneka sensasi makanan yang lembut, membal, basah, buttery dan manis sekaligus. Kalau masih dalam masa pertumbuhan, silahkan tambahkan keju, kismis dan almond sangrai ke dalam roti bakarnya.




Biasanya, setiap saya memanggang roti bakar diatas pan anti lengket, saya selalu mengoles masing-masing sisi roti dengan mentega atau margarin. Tujuannya agar pan anti lengketnya tidak cepat gosong dibagian yang tidak tertutup roti. Tapi kali ini, perdana saya membuat rotinya tanpa olesan sama sekali karena saya menggunakan  E-Cook Deco Fry Pan dari LOCK&LOCK. Sekali mencoba pakai  E-Cook Deco Fry Pan ini untuk memanggang, ternyata saya tidak mendapati sisi gosong pada pan yang tidak terkena roti. Hal ini karena bagian luar   E-Cook Deco Fry Pan ini terdapat lapisan tahan panas yang akan mencegah masakan atau pan itu sendiri menjadi hangus. Meskipun dengan penggunaan api yang sangat kecil, panas yang dihasilkan tetap merata. Jadi lebih hemat energi.


Pertimbangan lainnya kenapa saya tidak mengoles rotinya yaitu biar penggunaan mentega/margarin olesnya bisa saya alihkan untuk pembuatan pisang karamel yang sudah pasti lagi-lagi menggunakan tambahan mentega dan gula. Menikmati roti bakar pisang karamelnya menjadi lebih tenang tanpa rasa bersalah akibat lemak berlebih.


Membersihkan pan E-Cook Deco Fry Pan dari Lock&Lock setelah membuat karamelnya juga tetap tenang, karena terdapat lapisan anti lengket yang membuat si caramel ini tidak akan menempel dan mudah sekali untuk dibersihkan. Selain itu, karena nyaman digunakan, saya sempet lho bergaya seperti "Mrs.Chef" dengan cara membolak-balikan roti tawar yang sedang dipanggang di dalam Deco Fry Pannya tanpa menggunakan spatula. Tapi dengan cara mengayunkan gagang  E-Cook Deco Fry Pan hingga membuat roti tawarnya sedikit terbang melayang lalu mendarat dengan posisi terbalik. Sayangnya, saat atraksi itu anak-anak dan Pak Suami tidak sedang berada di dapur. Kalau saja mereka melihat aksi saya tadi, pasti saya sudah mendapatkan standing applauses dari mereka plus 'cwiwiwiiiit' dari Pak Suami.


Untuk diketahui, LOCK&LOCK menggunakan teknologi Hard-Anodized dalam membuat cook warenya termasuk produk E-Cook Deco Fry Pan ini. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya. Bisa dipastikan aman dan food grade dalam proses masak-memasak karena telah dilapisi oleh teknologi Hard-Anodized ini. 






Nah, cakep banget kan produk cook ware-nya LOCK&LOCK.  Tuh lihat saja pilihan produk yang colorful dan stylish dengan berbagai macam warna dan ukuran. Selain wadah makanan LOCK&LOCK  yang sudah teruji kualitasnya, produk cook warenya juga tidak kalah kualitasnya. Makin jatuh cinta deh sama LOCK&LOCK.

Kompetisi  LOCK&LOCK "Mrs. Chef" ini adalah kompetisi yang dilaksanakan oleh  LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food)




4 comments:

  1. mm...yummy mak, simple, bisa dicoba nih di rumah, ada pisang uli kebetulan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak, jangan lupa japremannya yah mak ^^ mabok pisang gapapa deh daku hari ini ^^ . Lagi posting yang serba simpel emang, maklum dikangguruin Baby yang lagi belajarberdiri.. daku ga bisa lama-lama berdapur2 ria sekarang... padahal kangen oven sangaaaaat ^^

      Delete
  2. Fry Pan nya kelihatan kokoh banget ya. Warnanya juga mencrang, merah glamour. Cakep banget kelihatannya di dapur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya.. ga liat inih mata udah lope2... siapin budget yah buat nambahin koleksi alat perang perdapuran.. heheheheh.. kebayang dong di dapur yang serba putih berjejer cook ware ini berwarna warni.. heheheh

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda