Friday, 29 May 2015

DAGING SAMBAL dengan E-Cook Deco Fry Pan LOCK&LOCK


Jika ditanya apa menu favorite keluarga kami,  saya akan bilang sop ayam, opor ayam, udang plus cumi goreng tepung, ayam krispi, semur telur, sayur bayam dan berderet-deret menu makanan lainnya yang tentunya familiar di lidah anak-anak tanpa rasa pedas sama sekali. Tapi kalau ditanya apa menu favorit Pak Suami, gampang banget menjawabnya. Semua olahan daging dan pedas manis, pasti dia suka.

Jadi pada kesempatan kali ini, sambil memperingati 9 tahun hari pernikahan kami tanggal 27 Mei kemarin, saya khusus membuatkan menu daging paling favorit untuk Pak Suami. Kenapa favorit? Karena setiap ada event kumpul-kumpul dengan keluarga dan teman-teman dekat, baik itu di rumah sendiri atau saat harus pot-luck-an ke rumah teman, menu ini yang selalu dia request. Dan saya tidak pernah keberatan untuk mengiyakan. Bahan-bahannya simpel dan proses pengerjaannya pun gampang.



Menu ini biasa saja, siapapun pasti pernah memasaknya. Tapi entah kenapa untuk Pak Suami, setiap ada menu ini di meja makan, selera makannya makin meningkat. Bahaya sih sebenernya. Jadi meski favorit, saya cenderung membatasi dan memilih event khusus saja untuk memasaknya. Akhir-akhir ini malah jarang. Kalaupun dimasak, saya menggantinya dari daging kambing menjadi daging sapi. Hanya bagian dagingnya yang sama yaitu daging bagian sengkel.



:: Daging Sambal ::

Bahan :
- 500 gram daging sapi/kambing bagian sengkel, potong-potong ukuran sedang.

- 1,2 liter air
- 15 cabe merah keriting, haluskan
- 5 cabe rawit merah, haluskan
- 10-12 siung bawang merah, iris tipis
- 1-2 siung bawang putih, iris tipis
- 1/3 ruas jahe, iris tipis bentuk korek api
- 1 buah tomat ukuran sedang
- gula dan garam secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus daging sengkel dengan air hingga daging empuk, angkat, tiriskan dan sisihkan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, tambahkan cabe halus, dan jahe iris, aduk rata 
3. Tambahkan tomat.Aduk rata masak hingga tomat layu.
4. Masukkan daging sengkel yang sudah direbus aduk rata.
5. Bumbui dengan gula dan garam secukupnya.
6. Masak hingga semua matang. 


Sesimpel itu saja bahan dan resepnya. Enaknya setiap membuat daging sambal ini, bisa dipadukan dengan lauk apapun. Pastinya bisa menggugah selera makan untuk siapa saja yang menyantapnya. Khusus untuk pengolahan yang menggunakan daging kambing, biasanya setelah direbus hingga empuk, saya menggorengnya sebentar sebelum dicampurkan dengan tumisan sambal. Rasa daging sambal yang menggunakan daging kambing akan lebih enak dibanding daging sapi.

Dalam resep ini saya menggunakan banyak bawang merah dan sedikit bawang putih, agar rasa dan aromanya tidak langu. Jahe juga untuk menetralisir aroma 'prengus' dari daging sapi atau kambingnya.


Dulu saya hanya tahu kalau produk LOCK&LOCK berupa wadah makanan dan minuman yang kedap udara, higienis, berkualitas dan aman dengan harga yang terjangkau. Ternyata selain memproduksi produk tersebut, LOCK&LOCK juga menyediakan aneka produk cook ware yang bisa melengkapi koleksi 'alat perang' saya di dapur. Aneka jenis E-Cook ware dengan desain colorful (merah, kuning, hijau) dan stylish dengan berbagai macam ukuran (type 16/20/22/24/26/28/30) ini membuat tampilan dapur menjadi lebih segar.


Nah, untuk merebus daging dan memasak daging sambal ini, saya cukup menggunakan E-Cook Deco Fry Pan type 26. Selain diameternya cukup besar, kedalaman pannya juga masih bisa untuk merebus daging. Saya merebus dengan menggunakan api kecil. Meskipun api kecil, ternyata daging tetap mudah matang karena panas yang merata. Air sisa rebusan daging ini masih bisa saya gunakan sebagai kaldu untuk mpasi Baby Kahfi nanti.


Bagian bawah E-Cook Deco Fry Pan tetap mulus dan kinclong meski saya sudah menggunakannya beberapa kali. Pelat alumunium yang padat serta silikon pada pegangannya membuat saya nyaman ketika menggunakannya. Sehabis merebus dagingnya, air kaldu sisa rebusan saya pindahkan ke dalam wadah tertutup. Tanpa harus dicuci lagi, saya langsung menggunakan E-Cook Deco Fry Pan ini untuk menumis bumbu sambalnya. Karena pan-nya langsung bersih dan licin seperti sudah dicuci. Begitu gula dan garam dimasukkan ke dalam pan, alhamdulillah bumbu daging sambal yang sedikit terkaramelisasi tidak menempel hingga mudah sekali dibersihkan. Lega saya! Tidak perlu extra waktu dan energi untuk membersihkan pannya. Biasanya dengan pan yang sering saya pakai, sisa karamel daging sambal ini masih lengket lho. Jadi E-Cook Deco Fry Pan ini bisa jadi andalan saya untuk memasak menu bercita rasa pedas manis kegemaran Pak Suami.

LOCK&LOCK menggunakan teknologi Hard-Anodized dalam membuat cook ware-nya termasuk produk E-Cook Deco Fry Pan ini yang berbahan dasar 99% pure alumunium. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya. Bisa dipastikan aman dan food grade dalam proses masak-memasak karena telah dilapisi oleh teknologi Hard-Anodized ini. Selain itu E-Cook Deco Fry Pan ini tahan lama lho. Dengan Eco Friendly Methode, menjadikan E-Cook Deco Fry pan ini gampang sekali digunakan untuk sehari-hari.

Kompetisi  LOCK&LOCK "Mrs. Chef" ini adalah kompetisi yang dilaksanakan olek  LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food).

2 comments:

  1. yummy banget mba keliatannya, nanti mau coba masak ahhh ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake daging kambing deh mbak cinta resep.. enaaaaaak banget karena lbh lembut dan harum aroma masakannya makin bikin perut qasidahan.. buat pecinta pedes nikmaaaat plus nasi anget2.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda