Tuesday, 12 May 2015

Puding Buah Naga & Jeruk


Saya lagi norak! Ternyata perpaduan jus buah naga merah dengan jeruk manis itu enak banget yah! Ada yang sudah pernah nyoba? Satu buah naga merah diblender dengan satu buah jeruk manis peras ditambah parutan es batu, wuih!seger banget untuk jadi minuman sehat di siang hari yang panas.

Nah, paduan jeruk dan buah naga ini yang menginspirasi saya untuk membuat camilan puding buat Baby Kahfi. Cuma kedua buah ini tidak diblender jadi satu. Buah naga saya blender sendiri hingga halus, dan jeruknya cukup diperas diambil airnya.



Inginnya penampilan puding buahnya nanti menjadi dua lapisan merah dan oranye. Tapi berhubung setelah puding ini jadi dan mengeras, lalu menghasilkan lapisan warna merah dibawah dan oranye diatasnya, saya tidak langsung menjepret penampakannya karena sok sibuk. Jadilah beberapa saat kemudian lapisannya mulai menyatu dan meninggalkan gradasi warna seperti ini. Tapi tetep cantik, kan?

:: Puding Buah Naga & Jeruk ::

Bahan :
- 1/2 bungkus agar-agar bubuk putih
- 300 ml air putih
- 1 buah naga ukuran sedang, haluskan
- 1 buah jeruk manis, peras dan saring

Cara membuat :
1. Campur rata agar-agar dan air, masak hingga mendidih, angkat.
2. Bagi dua campuran agar-agar, 1 bagian dicampur buah naga yang sudah dihaluskan, 1 bagian dengan air jeruk peras. Aduk hingga rata.
3. Tuang adonan agar-agar buah naga kedalam cetakan. Diamkan hingga atasnya mengeras, lalu tuang dengan adonan agar-agar air jeruk. Diamkan pada suhu ruang hingga dingin dan mengeras.
4. Sajikan.



Melihat warna seperti ini, ternyata para kakak jadi ikutan ngiler. Mata mereka pasti lope-lope kalau melihat warna merah kepink-pink fuschia. Berhubung rasanya kurang manis karena ini memang untuk camilan Baby Kahfi yang belum diperkenalkan manisnya gula, jadi para kakak menikmati puding ini dengan tambahan susu kental manis putih diatasnya. Sedangkan untuk Baby Kahfi, saya tambahkan sedikit yoghurt tawar sebagai toppingnya. Dan proses makan pudingnya jd dicacah-cacah pakai sendok supaya mudah dikunyah Baby Kahfi yang belum juga memiliki gigi.

Oo iya, puding buah ini harus segera dinikmati yah, jangan disimpan terlalu lama di dalam lemari es jika tidak ingin rasa pudingnya berubah. Maklum saja, buah sebaiknya memang harus cepat dikonsumsi setelah di proses karena pengaruh oksidasi. Lagi pula puding ini tanpa gula, tidak akan tahan lama dibanding puding yang bergula, karena gula selain memberikan rasa manis, dia bisa menjadi pengawet alami pada puding. Jadi untuk puding jeruk dan buah naga merah ini, sebaiknya langsung dikonsumsi yah!


2 comments:

  1. buah naga emang enak dimakan langsung udah enak apalagi dibuat agar2...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kania... mau diapain aja buah naga enak.. kl aku senengnya dijus atau dibikin salad buah...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...