Tuesday 16 June 2015

Membuat Flan Puding Karamel dengan Aman



Alhamdulillah, Bulan ramadhan akan segera tiba. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan serta balasan pahala kebajikan yang dilipatgandakan oleh Allah SWT. Itu sebabnya begitu banyak orang bersemangat melakukan banyak amalan ibadah pada bulan ini. Mereka berlomba untuk bersedekah, berlomba untuk mengisi hari-hari dengan kegiatan bermanfaat, berlomba untuk berbuat baik dan berlomba untuk memakmurkan masjid. 


Selain bersemangat ibadah, biasanya para ibu juga bersemangat untuk membuat aneka suguhan untuk berbuka puasa. Karena saat berbuka puasa menjadi salah satu momen istimewa yang ditunggu-tunggu bersama keluarga. Sajian manis yang sering terhidangkan di meja makan, pastinyanya tak hanya cukup dengan kurma. Ada sajian manis lainnya seperti kolak atau bubur sum-sum. Demi ingin membuat sajian manis yang berbeda untuk buka puasa perdana ini, saya memutuskan untuk membuat puding karamel (flan). Resep ini saya peroleh dari seorang sahabat, Lutik Astri namanya. Ia pernah memberikan puding karamel ini hasil eksperimennya di dapur kepada saya, sebagai 'jatah preman' jika salah satu dari kami berhasil memasak sesuatu. Rasanya yang manis dan teksturnya yang sangat lembut, membuat saya ingin mengeksekusi resep ini.  


 ::: Puding Karamel (Flan) ::: 

Bahan : 

KARAMEL 
- 150 gr gula untuk karamel 
- 100 ml air untuk karamel 

FLAN 
- 150 ml krim 
- 450 ml susu UHT (saya pakai ultra) 
- 100 gr gula untuk flan 
- 5 butir telur ukuran sedang 
- 1 sdm esens vanilla 

Cara membuat : 

 1. KARAMEL. Masukkan gula ke dalam panci, jerang di atas api kecil. Aduk dengan spatula kayu hingga gula meleleh sempurna dan berwarna keemasan. Tuangkan air dan aduk hingga air tercampur sempurna dengan karamel. Tunggu hingga sedikit mengental. Matikan api. Tuangkan karamel ke dalam ramekin/loyang. Biarkan mengeras. 
 2. FLAN. Kocok telur, gula dan vanilla menggunakan whisk hingga merata. Sementara itu, campur krim dan susu ke dalam panci, jerang di atas api hingga hangat. Masukkan sedikit campuran susu hangat ke dalam kocokan telur, aduk hingga rata. Tuang seluruh sisa susu ke dalam wadah telur. Aduk hingga tercampur rata. 
3. Tuang adonan flan tadi dengan cara disaring ke dalam ramekin/loyang. Kemudian panggang dengan cara ABM dalam suhu 180'C selama 30-45 menit atau hingga adonan tidak menempel bila ditusuk. 
4. Setelah cukup dingin, Segera tutup dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas, (jangan di frezer) hingga dingin dan siap disajikan. 
5. Jika menggunakan Ramekin, toreh sekeliling ramekin dengan menggunakan pisau untuk melepaskan flan yang lengket pada dinding ramekin, kemudian balikan di atas piring saji. 

Bagaimana penampakan puding ini? menggiurkan untuk menu berbuka puasa? apalagi saat puding ini dibalikkan ke dalam piring untuk disajikan, karamel gulanya langsung menyeruak. Penampakannya yang lembut, kenyal dan glossy plus harum vanila karamelnya, bikin saya harus menahan diri untuk tidak langsung menyendok dan menyuapkan ke dalam mulut. Padahal setelah selesai jadi model, si puding yang dipiring langsung lenyap. Nyeum, lembut dan manis! Paduan yang pas dengan teh pahit hangat untuk menikmati sore yang juga hangat.




Bikin flan puding karamel ini, membuat saya jatuh cinta sama si oven glass dari Lock&Lock ini yang sudah jelas-jelas heat resistant glass. Pasalnya, bikin flan ini saya memang harus menggunakan wadah tahan panas yang tetap aman saat diproses dengan suhu yang ekstrim. Bayangkan saja proses pembuatan flan puding karamel ini. pertama, wadah ini harus dituang karamel yang panas, lalu didinginkan sebelum dituang adonan flan. Setelah adonan dituang, langsung dimasukkan ke dalam oven bersuhu 180 dercel. Begitu matang, wadah kaca ini masih harus masuk ke dalam kulkas yang bersuhu dingin. Kalau wadah kaca tersebut bukan produk yang Heat-Resistant, nasibnya bisa seperti penampakan disini. Serem yah, kejadiannya ternyata sudah banyak terjadi dimana-mana termasuk di negara maju. Saya saja pernah mengalaminya. 


Tidak mau kejadian lalu terulang lagi. Makanya saat bikin flan puding karamel ini saya pilih pake oven glass Lock&Lock saja biar aman. Dan kenyataannya emang bener lho, aman. Ditambah, cara membuat pada poin keempat yang tertulis  - segera tutup dengan plastik wrap sebelum dimasukkan ke dalam kulkas -  dengan menggunakan glass ware dari Lock&Lock yah tidak perlu lagi. Karena oven glass Lock&Lock semua dilengkapi dengan tutup yang kedap udara, lebih bagus pastinya dari plastik wrap. Terus nih, sehabis keluar dari oven, setelah agak dingin dan ditutup, puding karamel ini harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Artinya, dari suhu panas 180 dercel di oven, langsung diamkan sebentar sebelum ke suhu dingin kulkas, ternyata juga masih aman, karena bahan LOCK&LOCK Oven Glass terbuat dari bahan Heat-Resistant Glass (kaca tahan panas) yang bernama Borosilicate (boron trioxide dan silicon dioxide) yang tahan pada suhu panas dan suhu dingin dalam waktu bersamaan. Meskipun dengan suhu oven hingga 400 dercel sekalipun. 


Oven glass ini juga lebih ringan ternyata, sehingga saat kita menggunakan oven glass ini tetap nyaman dan tidak membuat pegal di pergelangan tangan karena berat. Uniknya lagi, dibandingkan dengan tempered glass, produk oven glass dari Lock&Lock ini suhunya lebih rendah, karena isolator listrik dalam microwave menyebabkan Heat-Resistant Glass tidak menyerap banyak gelombang elektromagnetik sehingga permukaan Heat Resistant Glass tidak terlalu panas. Hemh, meskipun nantinya produk oven glass ini sering dipakai karea menjadi alat perang didapur terfavorit,tenang saja ! tampilan permukaan oven glass Lock&Locknya akan tetap bening. Tidak akan menjadi keruh, apalagi berkabut  meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama karena kandungan Na20 atau Natrium Oksidanya rendah.



Nah, sudah kebayang didepan mata deh, nanti saat ada acara kumpul-kumpul untuk berbuka puasa bersama, saya sudah tidak perlu repot dan bingung lagi untuk membawa ta'jilan apa. Tinggal membuat flan puding karamel ini dengan menggunakan oven glass Lock&Lock karena mudah. Begitu matang langsung tutup dengan tutup kedap udara yang sudah didapat sepaket dengan produknya, langsung dibawa tanpa khawatir tumpah. Tampilannya tetap bersih dan kinclong. Yakin deh, sehabis berbuka, saya langsung diserbu sanak saudara untuk ditanya resep flan puding karamelnya beserta wadahnya.
Happy Cooking !


Kompetisi LOCK&LOCK "Mrs. Chef" ini adalah kompetisi yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food).






4 comments:

  1. Waaah, makasih informasinya bund
    sangat membantu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama yah Bun Resep Kolak Pisang. senang jika informasi yang diposting di blog bisa bermanfaat ^^ salam kenal ^^

      Delete
  2. Maksih ya Mbak Fitri,, TipsNya sudah di bagi...
    bisa langsung saya coba nihh.. ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 yah toko mebel Jepara... smoga bermanfaat.. makasih sudah berkunjung...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...