Sunday, 12 July 2015

POTATO WEDGES


Asian Food Channel adalah salah satu channel favorite saya saat me time. Fresh With Anna Olson, Good Chef Bad Chef, Gino's Italian Escape dan Chef Michael's Kitchen yang paling sering saya tonton. Kalau melihat mereka beraksi, rasanya masak tuh menjadi kerjaan yang paling gampang sedunia. Cepat dan tidak pakai ribet. Mungkin karena adegan cuci-cuci perabotan sesudah masaknya tidak ikutan dishoot yah.

Nah, disaat tayangan Chef Michael bikin aneka macam variasi potato wedges, saya berasa disambet oven. Saat itu secara kebetulan stok bahan untuk salah satu variasi potato wedgesnya ada. Jadi selesai tayangan, saya langsung eksekusi. Ditambah waktu itu kakak-kakak sedang tidak enak badan, nafsu makan berkurang. Hidangan nasi lengkap hanya jadi pajangan di meja makan. Barangkali selera makan mereka kembali jika saya buatkan potato wedges ini.




Takaran resep potato wedges ini saya kira-kira. Mana sempat mencatat selagi mata saya memperhatikan Chef Michael beraksi disambil menyusui Baby Kahfi. Baiklah ini resep versi saya.

 ::: Potato Wedges :::

Bahan :
- 4 buah kentang ukuran sedang
- 4 sdm mentega tawar, lelehkan --- Chef Michael pakai minyak zaitun
- 4 sdm tepung maizena
- Lada bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- Oregano kering, secukupnya
- Pala bubuk, secukupnya

Cara membuat :
1. Campur tepung maizena dengan lada bubuk dan garam, sisihkan.
2. Kentang dicuci dengan cara disikat hingga bersih. Jangan dikupas kulitnya. Lalu belah masing-masing kentang menjadi 6 potongan.
3. Celupkan kentang kedalam mentega tawar. Lalu gulirkan didalam tepung maizena yang sudah dibumbui lada dan garam hingga kentang tertutup tepung. Keprok-keprok lalu diamkan hingga tepung meizena menyerap mentega tawar dengan sempurna.
4. Letakan kentang ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper, lalu taburi dengan bubuk pala dan oregano.
5. Oven dengan suhu 180 dercel hingga fork tender sambil dibolak balik biar matang merata.
6. Sajikan dengan aneka saus cocolan.

Menikmati potato wedges paling enak saat masih hangat. Tak lama setelah keluar dari oven, segera hidangkan dengan aneka saus cocolan. Berhubung di rumah cuma ada mayonaise, jadi mayonaiselah yang saya gunakan sebagai saus cocolan.

Tekstur dari resep potato wedges ini garing diluar namun lembut di dalam. Menikmatinya harus dalam keadaan hangat yah! Soalnya kalau sudah didiamkan terlalu lama, bagian luar yang garing akan cenderung terasa alot dan kenyal. Melempem!



Ngebayangin potato wedges ini dihidangkan dengan beef tenderloin steak atau salmon dan salad bikin saya laper seketika. Kayanya lebih nendang gitu dibandingkan dengan french fries. Sayangnya, hingga saat ini saya tidak pernah sempat untuk membuat steak sendiri. Jadi, nikmati potato wedges ini sebagai camilan sehat pengganjal rasa lapar. Happy cooking!

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda