Thursday, 10 September 2015

Honey Bear


Ini eggsheet kedua yang berhasil saya buat.  Akhirnya seneng banget bisa berhasil bikin eggshet yang lebih mulus. Dipostingan sebelumnya, saya berjanji untuk sharing bagaimana bisa berhasil bikin eggsheet yah? Baikkah, saya tepati janji saya sekarang.


Biasanya, takaran untuk membuat eggsheet adalah 1 butir telur ukuran sedang, 1/2 sdt tepung maizena plus 5 ml air putih. Nah, berhubung saat bikin eggsheet kemarin tepung maizena saya habis, akhirnya saya berinisiatif menggantinya dengan tepung terigu, takarannya saya tambah menjadi 3/4 sdt. Aduk dulu dengan air putih, setelah tercampur rata, baru deh di tuang ke dalam kocokan telur dadarnya. Aduk hingga benar-benar tercampur rata memggunakkam sumpit. Saring berkali-kali dengan saringan kawat. Saya menyaring lebih dari 8 kali kayanya, saking kepingin banget eggsheetnya mulus. Lalu tuang deh di pan anti lengket yg sudah dipoles rata dengan sedikit minyak. Masak dengan api sekecil mungkin. Pelan dan pasti, akhirnya eggsheet saya jadi. Hasilnya alhamdulillah, minim keriputnya. Yihaaaa.. Liat aja penampakan si Beruang Madu ini. Terlihat mulus kan?


Tekstur eggsheetnya memang agak lebih kaku dibanding dengan menggunakan teping maizena dengan takarannya yang lebih sedikit. Tapi kalau untuk dibentuk mengikuti pola, malah oke banget jadi seperti keju cheddar lembaran di suhu ruang. Nah, untuk si beruang madu ini, saya cut eggshet memggunakan cookies cutter bentuk kepala beruang menjadi 4 lembar. Lalu saya tumpuk keempatnya dan ditempel dengan bantuan saus tomat sebagai lem. Jadilah tumpukan eggsheet berbentuk kepala beruang. Kenapa harus ditumpuk sih? Pertama, biar terlihat kebih tebal dan kokoh bentuk beruang madunya. Kedua, eggsheet yang tipis, saat terlalu lama terkena udara pinggiran eggsheet bisa mengkerut karena berkurangnya kadar air. Jadi biar aman dan tampilannya tetap oke, saya tumpuk saja deh.

Happy bentoing!


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda