Friday, 20 November 2015

Chocolate Mozarella Muffin


Chocolate Mozarella Muffin! sudah berbulan-bulan lamanya postingan muffin ini tak berpindah dari antrian draft. Nyaris terlupakan! Pasalnya saya sering diserang rasa malas yang luar biasa untuk menarasikannya. Padahal  rasa muffin ini sangat enak. Seperti testimonial food blogger lainnya yang pernah membuat muffin ini. The best muffin i've ever made!

Waktu itu saya sedang kesambet oven. Setelah 2 bulan pasca melahirkan Baby Kahfi, saya iseng googling tentang apa itu tepung custard. Terdamparlah saya di blognya Mbak Hesti yang berjudul custard muffin. Semula saya hanya ingin tau tentang tepung custard plus adonan custard, akhirnya saya malah penasaran untuk membuat muffinnya karena banyak menuai pujian. Cuma saya modifikasi sedikit dengan tambahan keju mozarella. Bayangan saya, rasa muffin yang coklat banget dan manis akan terasa lebih mantap jika ditambahkan dengan gurihnya keju melted dari mozarella.



Bahan :
-50 gram tepung maizena
- 3 sdm coklat bubuk
- 100 gram brown sugar
- 225 gr dark cooking chocolate
- 75 ml minyak goreng
- 1/2 sdt vanilli bubuk
- 2 butir telur
- 125 gram gula halus
- 125 gram tepung terigu segitiga biru
- 2 1/2 sdt baking powder
- 100 gram chocolate chip
- keju mozarella, potong dadu
Cara membuat :
1. Campur tepung maizena, coklat bubuk, lalu ayak. Masukkan ke dalam panci berisi air dan gula palem. Aduk rata hingga tidak bergerindil. Masak sambil diaduk terus hingga licin mengkilap dan meletup. Angkat
2. Masukkan Butter dan dark cooking chocolate, aduk sampai meleleh.
3. Tambahkan minyak, vanili dan satu butir telur, aduk hingga rata.
4. Tambahkan sisa telur dan gula halus, aduk hingga rata dan kental.
5. Campur terigu dan baking powder, lalu masukkan ke dalam adonan custard sambil diayak, aduk asal rata jangan overmix. Tuang dalam loyang setinggi 1/2 cup. Tambahkan potongan keju mozarella, tuang adonan kembali hingga setinggi 3/4 cup, taburi chocolate chips.
6. Panggang selama 25 menit dengan suhu 180 dercel.


Percobaan pertama, saya gagal saudara-saudara! Gagal pada saat membuat adonan custardnya. Bukannya menghasilkan adonan custard yang licin mengkilap, malah sebaliknya. Adonan custard saya menggumpal seperti bubur sumsum. Ternyata saya menyepelekan tahapan untuk mengayak tepung maizena dan coklat bubuknya yang saya pikir sudah halus hingga tak perlu diayak. Begitu juga tahapan mengaduk hingga tidak bergerindil sebelum dimasak. Begitu masuk ditahap ke 4, Voila! Dalam waktu sekejap, saya mendapati adonan menggumpal dan menyerupai bubur sumsum . Lemes! Sudah pasti. Tahapan membuat adonan custardnya sendiri sudah lumayan menguras sebagian bahan-bahan. Bayangkan 225 gr dark cooking chocolate, 100 gram brown sugar, dll mubazir karena gagal. Begitu saya coba, rasanya memang enak. Namun tidak bisa dipakai untuk membuat muffin. Akhirnya, adonan custard yang gagal tadi, dengan suksesnya saya jadikan chocolate spread untuk makan roti.

Selang 1 minggu kemudian, baru saya berani untuk percobaan kedua. Sambil tak henti-hentinya berdoa dan membaca resep dengan lebih seksama. Tepung maizena dan coklat bubuk benar-benar saya aduk dan ayak hingga tercampur rata. Saat dicampur dengan air dan brown sugar saya pastikan tak ada satupun adonan yang msh bergerindil. biar nantinya benar-benar menghasilkan adonan yang mengkilap dan licin. Saya pergunakan api kecil dan hati-hati sekali mengaduknya. Sambil memperhatikan kapan saat yang tepat saya harus mematikan api sebelum adonan custard over cook. Saat adonan custard over cook, teksturnya tidak akan licin dan mengkilap seperti yang kita inginkan.

Alhamdulillah, percobaan kedua ini berhasil. Keju mozarella dari dalam adonan mulai meletup keluar seperti lava. Udah kebayang deh dari wanginya. Enaaaak banget! Saya ga sabar sampai muffin ini bener-bener keluar matang dari dalam oven. Dan beneran! Enaaaaaaaaaak!!!!!! Terbayar deh yaah susah dan deg-degannya selama bikin adonan custardnya, dengan hasil muffin yang nampol. Coklat campur keju, kebayangkan rasanya. Mau? Coba bikin sendiri yah!

Happy baking!

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...