Friday, 3 June 2016

Cuttie Sheep



Pagi... Cuaca mendung menyambut aktifitas pagi ini. Baby Kahfi sudah on sejak adzan shubuh dan sekarang sudah kembali tertidur disaat saya mulai punya me time buat ngeblog dan memposting bento Kamila hari kemarin. Bekal Kak Khalila juga dengan bentuk yang sama. Jafi kemarin, saya membuat dua bento untuk mereka.

Kebetulan hari ini saya tidak membuat bento. Cuma memberikan bekal nasi putih dengan simple lauk bola-bola tahu seperti salah satu lauk pauk dalam bento diatas. Berhubung kemarin injury time, jadi penampakan bola-bola tahunya kurang bulat karena buru-buru diangkat dari penggorengan. Nah postingan hari ini kita bahas tentang cara membuat bola-bola tahu yang paling simple versi saya tanpa harus ngulek bumbu.



:: Bola-bola Tahu ala Ummu Trikey ::

Bahan :
- 3 buah tahu kuning/putih, hancurkan dengan garpu
- 1 butir telur, kocok lepas
- 40 gram tepung bumbu
- 1/2 ruas daun bawang, iris tipis

Cara membuat :
1. Aduk semua bahan dalam satu wadah hingga tercampur rata. --- Taste it, jika kurang asin, silahkan tambahkan sedikit garam dan merica bubuk jika perlu. Kalau saya dengan takaran diatas sudah cukup, kebetulan ukuran tahu kuningnya standar.
2. Simpan sebentar dalam freezer, hingga tekstur bisa dibulatkan berbentuk bola-bola kecil. --- ini saya skip, jadi cuma menggunakan dua sendok kecil untuk membulatkannya jadi tidak bisa bulat sempurna.
3. Goreng dengan minyak hingga terendam. Jika sudah matang, bola-bola tahu akan mengambang dan goreng hingga kuning keemasan.

Membuat bola-bola tahu ini tinggal disesuaikan dengan ukuran tahu yang digunakan yah. Saya mengunakan tahu kuning ukuran standar 3x3 cm. Semua prosesnya berdasarkan icip-icip rasa dan tekstur. Kalau teksturnya masih sangat susah untuk dibulatkan meski sudah di simpan dalam freezer sebentar, silahkan tambahkan tepung bumbunya/tahunya sedikit demi sedikit.


Happy cooking and bentoing!

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...