Friday, 18 August 2017

Winnie The Pooh Bento (Telor Ceplok)



Assalamualaikum, Bentoers!

Jum'at Mubarok dan merdeka! Jumpa lagi dengan bento sederhana untuk bekal sekolah Kahfi. Meski kemarin adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72, tema bento Kahfi tidak ada unsur merah putihnya. Kalau pada jaman Kakak Kamila dulu, untuk tema hari kemerdekaan, saya membuatkan bento Unyil membawa bendera merah putih. Tapi, tema bento Kahfi hari ini malah kembali ke bento karakter, Winnie The Pooh.

Bento telor ceplok memang menjadi bento andalan karena waktu yang dibutuhkan sangat singkat, cepat dan tidak pakai ribet. Kembali saya akan mengulas bagaimana cara menceplok telur hingga menghasilkan kuning telur yang mengkilat.

Sebelum memasak telurnya, kita harus mengoleskan minyak goreng pada pan dengan menggunakan tissue makan. Hal ini bertujuan agar minyak tersapu dengan merata dan tidak berlebihan. Dengan adanya minyak berlebih, membuat hasil telor ceplok akan beruntusan. Gunakan api terkecil pada kompor, jika dirasakan sulit, silahkan pergunakan lilin untuk memasak telur ceplok nya. Hal ini bertujuan agar telur matang keseluruhan secara perlahan  dan menghasilkan telur yang mengkilat dipermukaan.

Jangan pernah membalik telur apalagi menutupnya selama proses pemasakan. Uap panas yang timbul jika pan ditutup, mengakibatkan panas berbalik ke permukaan telur dan mengakibatkan warna telur menjadi kuning muda tanpa kilat sama sekali. Bahkan dalam kondisi tertentu, menyebabkan putih telur bergerak sedikit menyatu dengan kuningnya dan tidak mendapatkan penampakan telur ceplok mata sapi yang bulat sempurna.

Oh, ya. Waktu yang diperlukan untuk memasak telur ceplok ini dengan menggunakan api lilin sekitar 3-5 menit yah. Selamat mencoba! Happy cooking dan happy bentoing!

2 comments:

  1. Hihi...Bagus ya.
    Makasih Mbak tipsnya. Aku save ya. Ntar kalau Kak Ghifa sudah sekolah mau ah bikinin bento yang lucu gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Ika... monggo, Mbak! Bento telor ceplok andalan. Hayuk ngebento buat Kak Ghifa... nantikan ekspresi Kak Ghifa pas liat hasil bento lucu kreasi bunda untuknya. Matanya pasti kerjap2 kesenangan dan bangga. Happy bentoing next time yah Mbak Ika.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda