Thursday, 4 February 2016

Muffin Pizza



Muffin Pizza! Voila... Penasaran gimana rasanya ga sih? 
Kalau dari penampakan fotonya udah bisa belum ngebayangin gimana rasanya. Kalau saya, sebagai penikmat makanan ala-ala itali dari liat foto saja sudah kebayang banget rasanya. Gurih perpaduan saus bolognaise daging dengan keju leleh plus tekstur pizzanya yang krinyus-krinyus. Eits, no! Bukan krinyus-krinyus ternyata, tapi lembut menul-menul kaya roti.


Yap yap yap. Jadi muffin pizza ini lebih mirip roti yang bertoping ala pizza dalam kemasan paper cup. Bikinnya gampaaaaaang banget. Tapi diuleninya harus pakai mixer yah teman. Penggunaan mixer disini bertujuan agar tekstur dough yang terbentuk itu menjadi lebih mumbul dan lembut. Beda lho yah dengan tekstur pizza yang tanpa di uleni di postingan beberapa tahun lalu. Penasaran gimana resepnya? Cekidot!


::: Resep Muffin Pizza :::

Bahan :

- 400 gr tepung terigu protein tinggi 
-100 gr tepung terigu protein sedang
- 10 gr ragi instan
- 60 gr gula pasir
- 60 gr minyak goreng
- 1 sdt garam
-  400-450 ml air hangat

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan kering dan aduk hingga rata.
2. Tambahkan air hangat sambil dikocok dengan mixer spiral.
3. Tambahkan garam dan minyak. Kocok hingga rata. 
4. Tutup adonan dengan kain basah, diamkan hingga 15 menit. 
5. Tuang adonan dough ke dalam paper cup muffin. Kasih topping saus daging bolognaise, dan parutan keju leleh/mozarella.
6. Panggang selama 15-20 menit dengan suhu 170 dercel.

Untuk toppingnya, saya menggunakan saus daging bolognaise seperti yang biasa saya gunakan untuk membuat spaghetti datau lasagna. Resepnya ada disini yah.


Muffin ini dulu saya buat sekitar 1,5 tahun yang lalu sebagai snack tambahan pengajian bulanan keluarga besar di rumah. Hasilnya, banyak menuai pujian banget deh terutama dari nenek saya yang memang pencinta makanan seperti ini. Sayangnya saya terlalu lama menyimpan foto ini dalam draft blog dan nyaris lupa untuk mempostingnya.

Happy Baking!

1 comment:

  1. assalamualaikum
    Ini saya faisol abrori
    Wah,, kenalan dong te, sesama food blogger
    intip blog saya di
    http://jajan-dan-jalan-jalan.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...