Thursday, 26 March 2015

My Bento Book "50 Kreasi Bento Rumahan"


Penulis: Fitriani Firmansyah
ISBN: 978-602-7572-36-2
Tanggal Terbit: 10 Mar 2015
Jumlah Halaman: 132 (full color)
Harga    : Rp 46.000,-  
       
Sinopsis
Sering bingung ketika akan menyiapkan sarapan ataupun bekal makan siang anak ke sekolah? Bento adalah solusinya. Dengan berbagai macam bentuk yang lucu dan menarik, anak Anda pasti lebih bersemangat menghabiskan makanannya. Dalam buku “50 Kreasi Bento Rumahan” ini, Anda akan dibimbing step by step menyiapkan bekal untuk si kecil.

  • Bento nasi dengan berbagai macam bentuk, seperti: binatang, orang, bayi, dan karakter (Dora, Kungfu Panda, Minion, Hello Kitty, Rapunzel, dll).
  • Bento roti berbentuk monster ataupun binatang. 
  • Bento mi goreng berbentuk lebah, Angry Bird, ataupun kepik.

Resep-resep setiap menu serta bahan-bahan yang mudah dipadupadankan, membuat buku ini gampang dipraktikkan. Tak hanya itu, setiap sajian Bento dalam buku ini selalu memperhatikan unsur kecukupan gizinya. Jadi, tak hanya cantik dan menarik, tapi juga sehat dan bergizi. Percaya deh, selalu ada cerita di balik bekal yang dibuat ibu selepas anak pulang sekolah.


Fabiayyi aalaa irobbikumaa tukadz-dzibaan 

 "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan"

 Alhamdulillahirobbil'alaamiin

10 Maret 2015, buku bento pertama saya yang berjudul "50 Kreasi Bento Rumahan" resmi diterbitkan oleh Penerbit Stiletto. Diperkirakan akhir Maret 2015, buku ini sudah bisa berjejer manis di toko buku kesayangan seluruh indonesia.  

Saya ingat, bagaimana awalnya saya ditawari Penerbit Stiletto untuk membukukan bento yang pernah saya buat. Saat itu bulan Mei 2014, tepat sebulan sehabis penayangan saya di NET TV, kakak ipar saya, Mbak Haya Aliya Zaki menanyakan kesanggupan saya apabila saya ditawari untuk menulis buku tentang bento. Mbak Haya tau betul kondisi saya yang payah setiap hamil dari anak pertama hingga ketiga ini. Pertama mendengar hal itu, kalau saja saya bisa jejingkrakan, saya pasti sudah jejingkrakan tidak karuan saat itu. Seneng bahagia dan terharu pastinya. Gimana tidak, menerbitkan buku bento ini adalah cita-cita saya yang semula tidak terbayang kapan bisa terwujud lalu sekarang kesempatan itu ada di depan mata. Sejujurnya,  buku bento ini salah satu proyek impian bareng si Tetew Lutik Astri, yang sama-sama ingin suatu saat nanti kami berdua bisa berkolaborasi membuat bento, lalu menjual hasil kolaborasi itu ke penerbit. Kami tau pasti susahnya usaha kami nanti agar hasil kolaborasi itu bisa dilirik penerbit. 

Lain lagi dengan proyek impian bareng Teh Ami Ramdhaeny yang gemes banget supaya saya bisa punya buku bento hasil kreasi sendiri. Sehingga pernah tercetus dari bibirnya rencana kami mau menerbitkan buku ini secara pribadi tanpa melalui penerbit resmi. Artinya semua modal dan ongkos cetak plus promosi beserta pemasarannya dilakukan oleh kami sendiri. Lalu tiba-tiba saya dilamar penerbit untuk menuliskan buku bento? Duh, rezeki yang sudah dinanti-nanti dan mana mungkin saya tolak. 

Sempat muncul keraguan dan ketidakpercayaan diri. Keraguan pertama penampilan bento saya yah cuma begini ini, masih banyak bento-bento lain yang lebih bagus lho. Kata Mbak Haya, pihak penerbit sudah melihat portfolio saya di blog dan tertarik. Ada kemungkinan selain untuk buku bento, saya akan ditawari untuk buku mpasi. Uwwwwoooow.. Serius ini? Tapi kalau mpasi? Memandang lesu ke foto-foto mpasi Kamila yang belum sadar kamera. Dan sepertinya tawaran itu sudah jatuh kepada Mbak Ridha Innatika si penulis buku "SayYEStoHomemadeMPASI" yang bukunya sudah lebih dulu terbit. Selamat Yah Mbak Ridha!

Keraguan selanjutnya yaitu dlm jangka waktu 1,5 bulan lagi saya mau melahirkan. Dari info yang Mbak Haya kasih, mereka butuh proses penulisan yang cepat. Sanggupkah saya? Resmilah hari Kamis, tanggal 5 Juni 2014 jam 15.17 wib (duh sampe hapal) saya menerima inbox dari Penebit Stilletto yang diwakili oleh Mbak Dewi. Penerbit Stiletto adalah penerbit buku yang mendedikasikan diri menerbitkan buku-buku fiksi maupun nonfiksi yang berkaitan dengan dunia perempuan. Penerbit Stiletto ini beralamat di Yogyakarta. Buku-buku terbitan Stiletto Book bisa ditemukan di seluruh toko buku besar di Indonesia, di antaranya: Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, Kharisma, Rumah Buku, Social Agency, dll. Penerbit mayor yang sudah menerbitkan lebih dari 50 judul buku yang semuanya ditulis oleh penulis perempuan. Saya sangat tersanjung dan bersyukur sekali mendapatkan kepercayaan dari Penerbit Stiletto.

Setelah saya berdiskusi dengan Mbak Dewi tentang konten buku bentonya akan seperti apa dan memastikan saya sanggup, akhirnya saya menerima tawaran tersebut. Deadline yang diberikan oleh Penerbit Stiletto adalah sesudah lebaran, yaitu sekitar akhir Juli 2014. Jadwal saya melahirkan itu pertengahan bulan juli. tepatmya tanggal 14 Juli 2015. Itu artinya, saya harus menulis sebelum waktu lahiran yang hanya sebulan lebih waktunya. Jika saya baru menulis setelah melahirkan bisa dipastikan hingga deadline tulisan saya tidak akan selesai, karena saya sibuk mengurus newborn baby

Mbak Dewi terus menyemangati saya, biar kehamilan ini membuat saya makin produktif berkarya katanya, efeknya juga bagus untuk sang jabang bayi yang saya kandung. Saya menulis dengan media note di smartphone BlackBerry. Sambil berbaring tentunya. Saya tidak sanggup duduk tegak di depan laptop yang akan memicu kontraksi. Disaat malamlah saya menulis, kehamilan yang semakin mendekati due date, membuat saya sulit tidur di malam hari. Sambil menunggu waktu sahur tiba, seringkali saya masih terjaga dengan Blackberry yang terkadang hang karena semalam penuh saya pencet-pencet untuk menulis buku bento ini.

Pertengahan Agustus 2015 MOU saya tanda tangani, lalu serah terima naskah keseluruhan dan foto-foto bento. Selesailah kewajiban saya. Naskah masuk ke dalam proses editing oleh Mbak Dewi sebagai editornya. Proses ini yang kayanya paling memakan waktu. Di sela-sela proses editing, saya diminta untuk menambahkan tulisan seperti kata pengantar, ucapan terima kasih, sinopsis buku dan profil saya sendiri. Serasa seperti sedang menuliskan curiculum vitae versi lain. Kalau dulu CV yang ditulis berhubungan dengan pendidikan, pencapaian akademik, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja, kali ini CV-nya yang berhubungan dengan hobi dan pencapaian sebagai ibu rumah tangga. Wow banget rasanya. 

Setelah hasil editing selesai, Mbak Dewi memberikan draft buku secara keseluruhan dari mulai cover hingga halaman belakang. Duh rasa bahagianya melihat draft ini jadi seperti melihat bayi yang baru saja saya lahirkan cuma belum bisa dipegang atau dipeluk. Percaya tidak percaya, my dreams are coming true! 


Penerbit Stiletto memberikan saya tiga opsi cover buku bento yang diberi judul "50 Kreasi Bento Rumahan". Hiyah, galau saya! Ketiganya bagus-bagus. Pertama cover si talenan yang memikat hati karena desainnya yang rapih dan teratur. Begitu melihat cover berikutnya yang terdapat cabe, bawang, tomat saya juga kepincut. Ini menarik jika di lihat anak-anak. Tapi begitu melihat si merah? Ini eye catching dari sisi marketing (maklum dulu kerja dijejelin dengan teori marketing), warna merah bikin mata langsung tertuju pada buku ini seandainya dijajarkan dengan buku lain di toko buku. Akhirnya Penerbit Stiletto mempersilahkan saya untuk memamerkan ketiga cover ini di social media yang saya punya, lalu meminta bantuan teman-teman untuk memilih cover mana yang layak tayang. Seru! 


Teman-teman di Facebook, Twitter, Instagram, BlackBerry Messenger, What's app ramai-ramai memberikan bantuan untuk voting. Terlebih diiming-imingi dengan undian bagi 3 orang yang beruntung untuk mendapatkan buku bento ini secara gratis setelah memberikan voting. Dari yang hanya memberikan jempol, hati, hingga memberikan komen yang berisi alasan kenapa memilih cover tersebut, juga masukan dan saran yang sangat berguna. Sampai ada komen salah satu teman, yang bikin saya tertawa terbahak-bahak, begitu dia memberikan pendapatnya tentang cover buku bento yang berwarna merah dengan tulisan seperti tulisan jepang. Menurutnya cover buku dengan tulisan seperti itu lebih cocok untuk menjadi cover buku fengshui dibandingkan dengan buku bento. Hahahaha, dan tanpa sungkan juga saya teruskan pendapat itu ke penerbit. 

 
Hasil voting cover sudah didapat, segala masukan dari teman-teman dipadukan dengan segala pertimbangan dari saya dan penerbit, akhirnya cover merahlah yang terpilih. Dengan merevisi bentuk tulisan supaya tidak terkesan buku fengshui, menghilangkan warna hitam dan menggantinya menjadi warna merah, akhirnya cover merah ini terlihat lebih ciamik dan mewakili seluruh kalangan. Eye catching jika dijajarkan di toko buku karena dominasi warna merah dan kesan bersih untuk foto makanan yang ditimbulkan dari warna putih. Yeah, saya lega. Artinya setelah cover selesai dipilih, saatnya lanjut proses berikutnya, naik cetak! 


Ternyata proses ini juga memakan waktu cukup lama. Saya diserbu dengan pertanyaan teman-teman tentang kapan buku bento ini terbit. Mohon sabar teman-teman. Padahal saya sendiri juga tidak sabar. Hehehehe. Hingga awal Maret lalu, Penerbit Stiletto memberitahu kalau buku saya akan terbit pada tanggal tanggal 10 Maret 2015. Alhamdulillah. Saya sudah bisa membuka order buat teman-teman yang ingin membeli buku "50 Kreasi Bento Rumahan" saya. 

Sekarang tanggal 26 Maret 2015, saat ini sepertinya masih masuk tahap pendistribusian buku bento ke seluruh toko buku di Indonesia, baik online maupun offline, termasuk pendistribusian buku tersebut kepada saya sebagai penulis. Saya sebagai penulis, hanya menerima 10 buku secara gratis dari penerbit, yang rencananya akan saya berikan kepada pihak-pihak yang sudah membantu saya selama ini sebagai wujud penghargaan dan rasa terima kasih. 

Sedih rasanya jika masih ada teman-teman yang mengharapkan buku ini saya berikan secara gratis diluar event give away yang saya adakan. Dengan membeli buku ini artinya teman-teman sudah sangat menghargai hasil karya saya, terlebih lagi hasil penjualan buku yang melalui saya, sebanyak 10 persen dari harga jual buku tersebut akan saya sedehkahkan untuk kemashlahatan. Semoga dengan terbitnya buku "50 Kreasi Bento Rumahan" memberikan banyak manfaat untuk siapa saja yang membacanya. Dan untuk saya pribadi menjadi ladang amal jariyyah yang insya Allah akan terus mengalirkan kebaikan. 
Aamiin yaa Robbal'alaamiin

Terima kasih,, Jazaakallahu/Jazaakillahu khairan (semoga ALLAH membalas kebaikanmu) 

Special thanks to : 
 - اللّه سبحانه و تعالى 
 - Penerbit Stiletto yang sudah berkenan menerbitkan buku ini.. Lopyupul mbak2ku.. (Mbak Dewi, Mbak Carra, Mba Linda n team)
- Mbak Haya Aliya Zaki
- My Family  ^.~

23 comments:

  1. Selamat ya Mbak Fitriiii :))))
    Bento-bentonya bisa membuatku agak terpancing buat kepengin masak loh hahaha :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak Carra.. pertama kepancing dulu yah.. abis itu nyangkut dan selanjutnya jd lengket di dapur karna kepingin masak trus. Makasih, Mbak. Entah kenàpa tiap Mbak carra komen aku lgs geer. Inget dicieee cieeeein wkwkwkkwkw

      Delete
  2. Kalo lihat yang unyu-unyu gitu emang pengen membuatnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya, selamat yaaa Mak. Sukses selalu.

      Delete
    2. Terima kasih Mak Uwien sudah berkenan mampir. Yah ada hikmahnya juga dulu anakku yang pertama susah makan, Mak. Hingga akhirnya saya jadi seperti ini ^^ alhamdulillah...

      Delete
  3. Replies
    1. Boleh Mak, Bleh minta alamatnya ? Makasih lho sudah ninggalin jejak disini ^^ Lewat FB aja kayanya Mak, khawatir kalau saya ga memantau blog ^^

      Delete
  4. Replies
    1. Monggo mak.. add pin bbku aja yah di 233a21c2.. atau wa 0817214785.. makasiy yah.. maaf kelewatan ini bales komennya.

      Delete
  5. Selamat
    semoga berkah
    semoga aq dpt ksmptn untuk buat buku jg
    keinginan dari 2012 yg blm tercapai

    @guru5seni8
    Htpp://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin yra...
      makasiy Mak Tyaseta.. insya Allah nanti giliran cita_cita Mak Tya terwujud didepan mata. qobuuuuul qobuuul aamiin yra..

      Delete
  6. Alhamdulillah terbit juga ya, Mbak Fitri, di tengah kerungsingan ituh qeqeqe. Moga manfaat dan laris bukunya. Aamiin. Rajin-rajin promo, ya. oga lahir buku-buku berikutnya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Iya Bude Haya...kerungsingan menjelang lahiran yang ternyata masih berlanjut sampai sekarang. anak 3 serunya ga abis-abis sampai whats app keluarga jarang nyimak juga. Iya, harus meluangkan waktu buat promo2 kaya malem ini semua sudah merem, daku begadangan deh ^^. Makasiy yah MbaHayQu... suddenly i miss u ^^

      Delete
  7. Selamat bukunya sudah terbit..semoga laris dan manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiy Mak Arin ^^ selamatjuga buat Momylicious.. aku mau order juga dong Mak itu bukunya. kepo abis sayah ^^pan saya juga seorang ibu ! pen dicieee cieeein juga ^^

      Delete
  8. Selamat ya mbaaa...
    semoga buku nya laris dan memberikan banyak manfaat ke banyak orang

    kalo mau order ke mba langsung, plus ada tulisan "penyemangat" dari penulis + ttd boleh yaa
    caranya gimana mba ?

    abisan kalo bikin bento kadang awalnya butuh semangat dulu hihihi..
    awalnya suka males tp kalo udah mulai bikin seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiy Mba Rizqa sudah mau order buku bentonya yah ^^

      siaplah nanti special dikasih kata-kata penuh semangat untuk ngebento, yang sebenernya itu kata-kata untuk saya juga sekarang-sekarang ini. perasaan males yang lebih sering hinggap kadang susah bener dilawan yah ^^

      eniwei makasih sudah mampir sini yah Mbak... ^^

      Delete
  9. Mba Fitri selamat yaa, aku selalu iri dengan emak2 yang gape masak, jadi pengen bisa masak jugaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rahmi ^^ aku gak gape mbak, beneran deh.. malah seringnya ngarang kalau di dapur hihiihihihi. Makasiy yah Mbak Rahmi... kalo udah di dapur, siapa aja pasti bisa masak mbak :)

      Delete
  10. Aku sering di dapur dan sering berekspresi di dapur juga, itu belinya dimana tuh bukunya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditoko buku gramedia, gunung agung sudah tersedia mbak... kalau mau dpt pesan khusus bisa order ke aku mbak.. add aja pin bbku di 233a21c2 mbak...salam kenal yah... jd makin semangat kl byk tmn yg seneng berkreasi di dapur...

      Delete
  11. Mba saya add ya pin nya,saya mau dunk order bukunya,sekalian minta info dong beli box bentuknya dimana ya.makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbakyu... Add pin ku yang 58427473 aja yah.. Pin bb yg lama lagi mati suri mbak.. Nanti kita chat lbh lanjut via bbm aja yah...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda