Monday, 24 July 2017

ZEBRA BENTO



Assalamualaikum, shobahul khoir, Bentoers!

Semangat Senin dan kembali berjumpa lagi dengan bekal simpel Kahfi. Bento zebra. Bentonya penuh warna. Hal itu sering jadi pertanyaan bagi para ibu-ibu tentang kekhawatiran penggunaan pewarna makanan yang tidak ramah pada anak. Apalagi bekal penuh warna ini dikonsumsi setiap hari. Tidak perlu khawatir, bento yang saya buat, kebanyakan diwarnai menggunakan pewarna alami yah.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi salah satu pewarna alami yang saya gunakan dalam bento ini. Kebetulan di bento zebrs kali ini, saya menggunakan sosis bratwurst yang warnanya lebih pucat dibanding jenis sosis yang banyak beredar di pasaran untuk saya warnai menjadi lebih merah menyala. Untuk warna merah, saya lebih sering menggunakan angkak sebagai pewarna alami favorit saya.

Kenapa angkak? Karena angkak relatif lebih awet dengan tekstur yang kering dan mirip beras merah. Selain itu penggunaannya bisa disesuaikan dengan banyaknya bahan makanan yang akan kita warnai, jadi tidak mubazir. Warna angkak mudah disesuaikan. Selain warna merah seperti pada sosis, saya juga meneteskan air angkak yang sudah matang ke dalam nasi putih, sehingga nasi putih berubah menjadi pink seperti yang terlihat pada area hidung dan mulut zebra.

Di dalam buku "Say Yes to 50 Home Made BENTO" saya memberikan tips dan trik bagaimana cara mewarnai sosis dan telur puyuh untuk bento beserta foto tutorialnya.  Jadi, untuk lebih jelasnya, silahkan diintip di dalam buku tersebut yah.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...