Tuesday, 21 May 2013

10+ MPasi Baby KAMILA




10+ Bakso Daging Tahu

 Bahan :
- Daging sapi cincang
- tahu putih
- telur puyuh, rebus
- tepung sagu
- telur ayam
- bawang putih--- iris tipis , pake 2 butir, 1 buat bumbu bakso,, satu buat bumbu kuah
- bawang bombay, potong dadu
- merica (daku pk 2 butir merica biar rasa dikit ---- mulai bandel)
- daun bawang, iris tipis
- daun selederi, iris halus
- wortel, seruuut
- keju prochiz parut
- unsalted butter buat numis

Cara membuat :

Bakso :
1. Blender tahu, daging cincang, bawang putih, keju parut, sampai tercampur rata dan halus
2. Ambil wadah, tuang hsl blenderan, tambahkan telur, tepung sagu sedikit demi sedikit smp dirasakan agak kenyal,, ------ daku ga terlalu kenyal biar kamila gampang ngunyahnya blum ada gigi,, jd ga bisa bulet sempurna kaya diabang bakso,,
ngebuletinnya pake 2 sendok
3. Ambil adonan,, isi dengan telur putuh,, bulatkan (berusaha keras agar bs bulat,, puifh,, )
4. Cemplungin dlm panci yg berisi air mendidih,, angkat ketika mengambang,, tiriskan,, dan sisihkan,,

Kuah Bakso :
1. Buat bumbu halus bawang putih dan 2 butir merica,,
2. Tumis bumbu halus bersama irisan bawang bombay dgn unsalted butter,, masak hingga harum wangi,,
3. Tambahkan air (td 2 gelas belimbing 400ml), tunggu smp mendidih
4. Masukan serutan wortel,
5. Masukan daun bawang dan seledri
6. Masak smp wortel matang
7. Angkat, sisihkan

Cara penyajian :
1. Ambil mangkuk berisi bakso, siram dgn kuah bakso
2. Tambahkan bawang goreng
3. Buat makan ditemani nasi lembut

Note :
Daku bkn bakso ini buat ukuran 10+ yah buibu,, kl buat kakaknya yg diatas 1y+ silahkan bahannya bs ditambahkan shg rasanya lbh enak, spt tepung sagunya ditambah shg bakso lbh kenyal, tambah mie, sawi dsb spt yg di abang bakso deh,,

Selamat mencoba

"Ummi 2K"






10+ Bubur ayam telur wortel,,

Bubur dr beras putih,, taburi bawang goreng n seledri,, siram kuah telur wortel,, jd daku ksh resep kuahnya aja yah,,

Kuah :
1 butir telor ayam,, kocok lepas
1 bawang putih,,
3 bawang merah
Seuprit kunyit,,
Gulgar dikit
Kuah kaldu rebusan ayam,,
Seuprit lada halus
150ml air matang
Wortel parut

Cara membuat :
1. Haluskan bawang putih, merah, kunyit, lalu tumis dgn sdikit minyak,, ksh gulgar, lada smp matang dan harum,,
2. Masukan air masak smp mendidih
3. Kocok telur dan masukan parutan wortel,, smp tercampur rata,, tuang ke dlm kuah yg mendidih,, masak smp telur matang,,
4. Angkat,, siram diatas bubur nasi,,
5. Sajikan hangat

Selamat berkreasi

"Ummi 2K"




10+ kue pisang

Bahan :
- 2 pisang uli, atau pisang apa saja yg direbus makin manis, kepok misalnya, benyek2
- 3 sdm kelapa parut
- air putih 200ml
- quick oat,, 4 sdm
- buah kelengkeng 5buah, ini dia yg bikin manis pengganti gula,, pilih yg besar2 dan daging buahnya tebal manis

Cara membuat :
1. Pisang utuh rebus/kukus bersama kulitnya smp empuk.. Matang, angkat, kupas, lalu benyek2, sisihkan
2. Ambil daging buah klengkeng, blender smp halus, sisihkan
3. Masak quick oat dgn air, smp kentaaaaal, angkat sisihkan
4. Ambil wadah, campur bahan 1, 2, 3 dan kelapa parut,, aduk rata
5. Ambil daun pisang, garang diatas api supaya daun jd lemas, mempermudah pembungkusan
6. Adonan 4 letakan ditengah daun pisang, bungkus berbentuk segiempat
7. Kukus 20-30 menit

*ini enaaaaak,, bkn lbh banyak buat jd cemilan sluruh keluarga,, kmrn cuma jd 5 bungkus,, umminya kebagian sisa2 di daun aja,, </3 hiks.... </3 hiks.... </3 hiks....

"Selamat berkreasi"

"Ummi 2K"




10+ Nasi Goreng Special

Bahan :
- nasi putih lembek
- unsalted butter
- kuning telur
- kacang polong, kukus
- buncis, kukus
- bawang putih, haluskan
- bawang merah, haluskan
- keju prochiz/diamon parut

Cara membuat
1. Blender (again,, kamila blum ada giginya) buncis dan kacang polong kukus, sisihkan
2. Tumis bawang putih bawang merah dgn unsalted butter smp harum
3. Masukan kuning telur,, orak arik,,
4. Masukan nasi, kacang polong dan buncis yg diblender, masak smp smua matang
5. tambahkan keju parut

* Oya,, aku ksh tambahan bawang goreng sdikit,, biar gurih,, bawang goreng digoreng pk unsalted butter orchid
*skali2 nakal dikit niy,, bikin nasgor,, lg keabisan ide,, seumur2 kamila br skali ini aja dibikinin nasgor,, ♡̬ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ♡

Selamat mencoba,,

"Ummi 2K"



hiyaaah nama fotonya salah ^.~


Somay Tahu Ayam

Bahan :
- tahu putih, kerok tengahnya,, sisihkan
- ayam cincang
- labu siam, parut (bs pk wortel,, kamila lg skip wortel bbrp wkt,,krn kadar betakaroten dlm tubuhnya tinggi : kulit telapak tgn dan kaki kuning)
- daun bawang,iris tipis
- bawang putih, cincang
- selederi, cincang
- tepung maizena
- keju parut, biar ada rasa gurih

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih smp harum,, masukan ayam, masak smp berubah warna dan ayam matang,, angkat sisihkan
2. Campur tumisan dgn sisa tahu, daun seledri, daun bawang, tepung maizena, keju parut, aduk rata,, bagi menjadi 3 bagian,, letakan diatas tahu yg sudah dikerok,, padatkan
3. Kukus selama 30 menit smp matang

*enaknya ditambah cincangan udang
*kl udah 1 thn bs tambah garam dan sedikit merica,, cocol pake saos tomat,, ------> ga sabar kamila 1 thn,,
* ayam bisa diganti dgn ikan tenggiri,, jd somay beneran deeh,,

Selamat berkreasi

"Ummi 2K".
 Inspired 100 resep makanan sehat Tuti Soenardi


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...