Friday, 10 May 2013

#WORKSHOP SmartBlogger - My First Stone for Being Emak-emak Blogger

Serasa dapat durian runtuh, begitu cek newsfeed facebook, muncul postingan Mba ku  Haya Aliya Zaki  yang isinya  tentang workshop yang diadakan oleh Majalah Noor bekerja sama dengan Sari Ayu Martha Tilaar dan Elzatta Hijab, dengan bintang tamu Mba Ratih Sang yang akan membacakan puisi dari kumpulan puisi yang ditulisnya.

postingan di news feed Majalah Noor di wallmya mba Haya

Setelah mendapat izin dari Abi Tukey dan mengkondisikan Khalila dan Kamila jika ditinggal umminya workshop, daku langsung registrasi ke Mba Ade dari Majalah Noor yang super baik hati (sampe malam daku smsan buat konfirmasi), bbm juga ke Mba Haya, info-info kalau daku ikutan workshop, dan ternyata Mba Haya ikutan juga.

Sabtu 4 Mei 2013, saatnya daku me time meluncur ke Swissbell Hotel Kemang. This is it, saatnya daku belajar buat mewujudkan salah satu cita-cita menjadi emak-emak blogger.

Denah Swiss-Bell Hotel Kemang hasil googling

makasiy Mba Haya, Udah sediain duduk disebelahmu ^.~

Ada 5 sesi dalam workshop

Pertama,  beauty class dari Sari Ayu yang bikin kita belajar tentang perawatan kecantikan from top to toe, mengenal lebih dekat ibu Dr. HC. Martha Tilaar sebagai inspiring women dengan berbagai prestasi hingga mendapat gelar Honoris Causa dan penghargaan hingga di luar negeri, kenalan sama make-up dengan diajarin langsung oleh make-up artist trainer Sari Ayu yaitu Mba Dewi Theresia. Polas-poles deh biar kinclong sebelum ketemu Mba Ratih Sanggarwati.
sebelum memulai Beauty Class Sari Ayu
sebagian alat perang Beauty Class, dikolong masih ada sekantong

Mba Dewi mulai kasih jurus-jurusnya



Kedua, saatnya bertemu dengan Mba Ratih Sanggarwati yang tampil cantik menawan dengan atasan warna fuschia, hijab paduan hitam-fuschia dan bawahan warna hitam, anggun cantik mempesona. Ada dua puisi yang dibacakan Mba Ratih. Keduanya bertemakan tentang IBU. ini salah satu puisi yang dibawakan oleh Mba Ratih Sang :

BILA IBU BOLEH MEMILIH by Ratih Sanggarwati

Anakku…
Bila ibu boleh memilihApakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu, maka ibu akan memilih mengandungmu?
Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah Sembilan bulan nak…Engkau hidup di perut ibu
Engkau ikut kemanapun ibu pergi Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata

Anakku…
Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang melahirkanmu. Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu
Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu, adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua
Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit, yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun
Dan ketika engkau hadir,tangismu memecah dunia Saat itulah…saat paling membahagiakanSegala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah, Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan, Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah ditelinga mungilmu

Anakku…
Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah,atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu, maka ibu memilihmenyusuimu
Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga
Merasakankehangatan bibir dan badanmu didada ibu dalam kantuk ibu adalah sebuahrasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan

Anakku…
Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu
Tetapi anakku…
Hidup memang pilihan…Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana Maka maafkanlah nak…Maafkan ibu…Maafkan ibu…
Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita, agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang
Percayalah nak…Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu
Percayalah nak…Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu…

Ratih Sanggarwati (Ratih Sang)

Puisinya sukses bikin kita semua para ibu sesengukan. Disambung dengan cerita mba Ratih, bahwa puisi yang dibawakannya tadi adalah kumpulan puisi yang dia buat berdasarkan pengalamannya sebagai ibu.
Ramah tamah, diantaranya betapa takjubnya Mba Ratih kepada Bunda Yati Rachmat (peserta workshop paling senior, berusia 73 tahun) dan juga kepada Alyssa (peserta workshop termuda 10 tahun), menanyakan motivasi, mereka berdua untuk ikutan workshop.

Mba Ratik Sang membaca puisi, bikin daku juga sesengukan
pose bersama Bunda Yati Rachmat
Pose bersama Alyssa, waktu sholat maghrib di musholah


Sesi foto bersama peserta dengan Mba Ratih sampai harus dibagi empat kali sesi foto. Biar semua kebagiaan mejeng.  Daku dapat foto bareng Mba Ratih di sesi dua. Yeeeaaay mba Ratih Sang mau berbagi pin blackberrynya juga lho ^.~ dan mau mengajak kami sharing bersama di Group Blogger Majalah Noor 1.


Break ishoma.

Ketiga, lanjut sesi ngeblognya itu sendiri, Mba Indah Julianti Sibarani dan Mas Benny Ramdhan yang giliran membagikan ilmunya kepada peserta workshop.
 
Mengapa ngeBLOG ?

1. Ngeblog bisa dilakukan dimana saja, asal ada koneksi internet.
Daku sendiri kalau mau menulis isi blog, manfaatin note di blackberry buat bikin draftnya, sambil menunggu khalila TPA, dalam kendaraan umum, atau waktu senggang saat sendirian. Jadi, kalau sewaktu-waktu ada yang liat daku sendirian sibuk pencet-pencet BB, itu bukan karena sibuk bbman atau fban saja, tapi daku lg cetak-cetik draftnya. Nanti begitu selesai, tinggal copas, kirim ke email pribadi. Saat online laptop, buka email, copas, lalu compose di postingan blog. Itu cara praktis buat daku mempersingkat waktu ngeblog.

2. Tak perlu aturan menulis yang baku.
Silahkan pakai gaya bahasa kita sendiri, yang penting enak dibaca, ga bikin pusing pembaca (misal, pakai bahasa alay yang miskin hurup vokal).

3. Ekspresi diri
Nah, ini betul banget, dengan ngeblog, yang daku rasain jadi kaya punya personal branding. Silahkan mau menulis apapun disitu, curahin hobi, ketemu komunitas, share ilmu, dapat ilmu juga. Blog kaya diary dan rumah pribadi, terserah mau dihias dan diisi seperti apa. Manfaatnya banyak banget.

Daku ngeblog pertama kali di multiply, berujung dengan bikin account aja, karena MP ternyata ribet, tidak semua orang bisa access kecuali yang punya accaunt MP juga. Lalu makin kesini info dari teman-teman yang di MP pada hijrah, lebih baik blogspot saja.

Baiklah, daku bikin account di blogsot di bulan juni 2012 kemarin, sebatas account lagi. Niat begitu cukup waktu, pelan-pelan mau diisi blognya. Draft lumayan banyak, masih menyicil buat posting dan publish begitu online laptop dan kumpulin picture yg menunjang tema isi tulisan blognya.

4. Menambah Penghasilan.

Daku ga kepikiran, kalau ternyata ngeblog itu bisa nambah penghasilan selain kita ngeblog yang tujuannya memang buat jualan online. Kemarin itu, niatnya bikin blog buat warisan daku ke Tukey, dari mulai kumpulan resep experiment umminya, cerita tumbuh kembang mereka (blom juga kedraft). Dari obrolan dengan kakak iparku, Haya Aliya Zaki, yang seorang penulis, dan bergabung dalam Komunitas Emak2 Blogger ini bercerita, yang intinya kalo blog kita banyak menginspirasi dan banyak dimampiri pembaca, nanti bisa dilirik sama perusahaan-perusahaan yang meminta kita buat branding produknya. Itu pakai sistem kontrak kerja. Tawaran akan makin banyak berdatangan, belum lagi dari lomba ngeblog yang hadiahnya cukup menggiurkan, semua itu bisa mendatangkan pundi-pundi tersendiri lho dari ngeblog.

Bagaimana cara membuat Blog? 

Yang banyak dipakai para blogger yg gratisan itu biasanya www.blogger.com dan www.wordpress.com

Pertama,  wajib hukumnya kita harus punya alamat email.
Nah, kalo kita punya account email di gmail/google, enaknya langsung pake blogger.com/blogspot. Karena kita tidak perlu bikin email baru, gmail terkoneksi dengan blogspot. Banyak template di blogspot yg lebih eye catching, gampang juga upload fotonya. Lebih gampang sih buat daku kalau mau mempercantik blog kita nanti. Nah, kalau email diluar gmail, seperti yahoo silahkan bikin menggunakan wordpress.

Kedua, create a new blog
Kl di blogspot :
Judul
Alamat
Template.

Kl di wordpress :
Email
Pengguna
Sandi
Alamat blog

Nah, sila emak-emak yang belum ngeblog dan mau memulai ngeblog, kalau ada waktu coba mampir dulu ke blogspot/wordpress dulu. Coba bikin accountnya dulu, karena kelanjutan sharingnya itu kalau kita sudah punya account blog. Nanti daku bisa lanjut kupas bahasan tentang dashboard, kupas tampilan, gimana menulis, gimana upload foto, dll dari ilmu yang di dapet workshop tadi.

Lanjut, Giliran Mas Benny Ramdhan yang bagi-bagi ilmunya ke kami. baru sebagian saja yang daku bisa ketik niy ^.~

10 Hal Penting dalam Menulis Konten Blog
(Benny Ramdhani)

1. Memilih Topik
Luangkan sedikit waktu untuk mendefinisikan topik, agar ketika kita menulisnya mengalir lalu mudah mengembangkannya menjadi sesuatu yang penting bagi pembaca.

2. Judul yang Menyundul
Ini bagian yang paling penting untuk menggaet pembaca ketika mereka googling atau melihatnya di RSS reader.

3. Kalimat Pembuka itu Memberi Kesan Pertama.
Setelah seseorang melewati judul postingan kita, kalimat pembuka yang menarik akan menggaet pembaca untuk masuk lebih dalam postingan kita.

4. Isi yang Nyambung
Jika judul dan kalimat pembuka sudah menarik, tapi isinya tidak nyambung, siap-siap saja pembaca tidak akan mau singgah lagi ke blog kita.

5. Menambahkan Kedalaman/Manfaat
Sebelum merilis postingan, bertanyalaah pada diri sendiri supaya postingan tersebut memberikan manfaat dan kesan bagi pembaca.

6. Edit
Kesalahaan kecil, bisa menghambat keasyikan membaca, luangkan waktu untuk memperbaiki kesalahan penulisan.

7. Kreatifitas Visual.
Tambahkan materi grafis/gambar untuk ilustrasi, foto atau sejenisnya. Pastikana materi tersebut milik kita, jika mengambil dari hasil karya orang lain, cantumkan nama pemiliknya sebagai hak cipta.

8. Waktu Penerbitan Postingan
Pilih waktu strategis untuk memposting, agar orang yang tepat bisa melihat disaat yang tepat.

9. Promosikan Postingan Terbaru
Lakukan promosi melalui social media untuk mendorong pembaca mampir di blog kita. Jumlah hit akan meningkatnyan kepercayaan diri kita. Juga berpeluang mengkomersilkan blog kita.

10. Dialog
Jangan pernah menbiarkan komentar yang masuk tanpa dibalas. Ketika ada komentar, berarti postingan anda sudah berhasil.
Masuk ke sesi empat. sesi ini yang paling bikin deg-degan, karena LOMBA on the spot ngeblog tentang Sari Ayu. Persyarataan 1000-1500 karakter (kebayang banget susahnya nyusun kata-kata dengan karakter yag dibatasi tidak sampai 1 halaman), bikin cerita, foto dan tampilan blog secantik-cantiknya, nanti dinilai para juri dari Majalah Noor, Sari Ayu, Elzatta hijab. Pemenangnya juara I Rp. 1.000.000,-, buat juara II Rp. 750.000,- dan juara III Rp. 500.000,- . Selain itu ada lomba live twit terbaik juga. 

Nah serunya dan dag dig dug itu, semua dilakuin on the spot. Ga bisa lagi daku bikin draft kapan-kapan dan dipost published juga kapan-kapan, semua harus at that time. Motret-motret langsung edit, lalu upload. Hiyaaaah, belum lagi modem lemot, sinyal tau-tau tulalit. Waktu tinggal sekian menit. Naikin adrenaline sampai ke ubun-ubun. Blum lagi begitu published harus dishare di Fanpagenya sari ayu, masukin link blognya. Seru sampai bikin ga nafsu coffeebreak-an.

Selesai Ashar, masuk sesi kelima,  demo hijab dari Elzatta Hijab dan doorprize kuis-kuis dari mereka. Sambil menunggu pengumuman dewan juri siapakah yg menang lomba.

elzatta hijab mau demo hijab

siap demo hijab

Menjelang jam 5 sore, akhirnya diumumkan siapakah pemenang lombanya. Daku ga ngeh siapa nama-nama lengkap para pemenang. Hanya tau pemenang pertama itu Mba Fitri Chakrawati (Fita) dari emak-emak blogger yang kebetulan duduk sebelah kanan daku. hiyaaaah, Mbak Fita dapet uang tunai 1 juta plus produk dari Elzatta dan Sari Ayu (makin berat niy bawa bawaan pulang). Tadi, dimention "pemenang satu itu terkenal dengan sinetronnya yang panjang sampai berseason-season", kita berdua lirik-lirikan. karena nama kita sama.  Mba Fita layak menang. Salut daku sama usaha dia nulis blog lombanya tadi (daku sempet dipinta ngejepretin foto Mba Fita bersama tube Facial Scrubnya). Mba Fita dari kumpulan emak2 blogger bikin daku jadi makin semangat membara biar bisa seperti dia dan emak-emak blogger lainnya.
pose bareng Mba Fita Sang Juara 1

Live twit terbaik direbut Mba Haya Aliya Zaki, watttawww, layak dikasih jempol 12 niy Mba Haya. Daku ga bisa ikutin ritme dia ngelive twit tentang workshop tadi. Ampyun dije, mata tangan terus-terusan di bb, Lalu setiap apapun dijepret lalu di twit, sampe makan siang kita juga ikutan di live twit. Pelukan Mba Haya, yang memang duduk di sebelah kiri daku. Hiyah, diapit duduk dengan para pemenang. Semoga aura semangat mereka menularkan kepadaku dan jadi endemi juga buat daku.



Nah pemenang-pemenang blog ini juga bakalan mejeng isi blognya di Majalah Noor.

Bagi-bagi  sertifikat, foto-foto dibawah bendera Majalah Noor (bakal mejeng juga niy di Majalah Noor nanti). Kelar deh rangkaian acara pas adzan maghrib berkumandang. Tukey, wait ummi @home. Sholat maghrib dulu langsung meluncur pulang, dijemput abi ngerenegade ria. Untung saja dijemput pake motor, Jakarta sabtu itu macet luar biasa.

9 comments:

  1. Replies
    1. iyaaa dong,dokumentasi aku berpose dengan Sang Juara. Mba Fita, makasih udah mampir kesini. tersapu-sapu aku jadinya ^.~

      Delete
  2. Duh kapan ya aku bisa poto poto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuuk Mak Hana, aku deh bersedia jadi objeknya hihihihii makasiy yah mak sudah mampir disini ^.~.balik intiiiip aaah

      Delete
  3. Yeee, ada foto bunda tuh berpose ber-2 Fitri Ulasannya lengkap banget. Iya ya Fit, bunda juga gak sempet tuh coffee break-nya, sangking ashiik. Dimana perlu boleh ya poto kite itu bunda comot ye? TK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda Yati menghilang begitu lomba, lirik kanan kiri depan belakang, ternyata Bunda udah maju duduk manis di depan. Bunda Yati ga tau gimana paniknya aku modem lemoooooot saat injury time. untuklah ada Mba Fita dan Mba Haya yang baik hati dan tidak sombong,nyuruh aku post link dulu ke komen fanpage Sari Ayu ^.~
      pokoknya Bunda orang pertama yang bikin aku terkagum-kagum begitu mendarat di workshop kemaren ^.~ makasiy yah bun ^.~

      silahkan comot fotonya bun, dengan senang hati aku share, muah

      Delete
  4. setuju sekali dengan manfaat di point 4 (menambah penghasilan), memang bisa nambah penghasilan kalau konsisten. Semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak umi, saya sudah merasakannya sekarang..alhamdulillah..

      Delete
    2. yop.. emg harus setuju banget nih ^^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Promo untuk Anda