Monday 20 May 2013

Demi Tuhaaaaaan!!!! Alhamdulillah, Ku Taklukan juga Kau Rotiiiiiii!!!!

Semenjak kegagalan roti unyil kemarin, dan itu berarti kegagalan kelima daku membuat roti, membuat hati ini makin 'syirik' banget ke Jeng Eliza Setiawan, temen SMA dan soulmet perdapuran, yang pertama kali bikin roti dan langsung berhasil, 'menul-menul' pula tanpa gagal.

Akhirnya, daku santronin doi lewat bbm dan fb, penasaran dengan resep yang doi pakai. Menurut Jeng Liza, resep itu sudah dieksekusi Mba Rina dan berhasil.

Nah, Mba Rina ini (daku memanggilnya Mba R) dulu meng-add daku di facebook karena sering melihat di wall fb jeng liza, kalau kami (Jeng Liza dan daku) suka tag-tagan foto makanan. Mba Rina lebih dulu berteman dengan Jeng Liza, akhirnya meng-add daku, jadilah kami bertiga sering intip-intip dapur masing-masing.

Tingkat kesyirikan daku makin bertambah. Mereka berdua tidak gagal sama sekali membuat roti, apakah gerangaan rahasianya? Begitu link blog "Roti Unyilku Sayang, Roti Unyilku Malang" daku share di FB, dua orang ini komen bersahut-sahutan. Berbagilah pengalaman mereka selama membuat roti. Sampai ada statement "tidak perlu menunggu smp 30 menit, yang penting penampakan proofing sampai membesar 2x lipat dari adonan sebelumnya". Ahaaaaa,, ini dia!

Selama ini daku eksperimen membuat roti, ketika proofing, selalu berpatokan pada waktu yang disebutkan di dalam resep. Misal, waktu roti unyil kemarin, di resep tertulis waktu proofing 30 menit, padahal penampakan adonan mengembang belum sampai membesar 2x lipat. Sedangkan, waktu proofing untuk mencapai penampakan 2x lipat dari ukuran adonan semula, itu berbeda-beda. Tergantung suhu ruangan dapur masing-masing. Mungkin Mama Punay di semarang sana kemarin mengembang 2x lipat di menit ke 30. Sedangkan daku di Jakarta yang kemarin mendung sedikit, menit ke 30 belum mengembang 2x lipat. Harusnya butuh waktu hingga 45-60 menit lagi. Yaaaah, itu kesalahan pertama yang langsung daku sadari dan masuk diakal. Itulah kenapa tekstur roti unyilnya belum sesuai harapan.

Tanpa babibu lagi, daku jadi tertantang buat mengeksekusi resep yang Jeng Liza dan Mba R pakai. Browsing menuju blognya Jeng Liza, menyusuri sampai bawah, eyaaaaaaaah, ga ada penampakan tuh resep menul-menul. Di BBM Jeng Liza bilang "Ipit, resep tuh roti belum gue masukin ke blog, hehehehe soalnya penampakan foto tuh roti ga bagus, dijepret asal-asalan, copasin lewat bbm aja yah!"
Hahahaha, pantesan ga ketemu.

Ini dia resepnya yah :

:: Roti Water Roux Jeng Eliza Setiawan ::

Bahan :
- Water roux
50gr terigu protein tinggi
250ml air, dicampur rata, masak dgn api sedang sampai kental, jangan sampe mendidih
Dinginkan

- 400gr tepung protein tinggi
- 200gr tepung protein sedang
- 125gr gula
- 2sdm susu bubuk
- 1 sachet ragi instan
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 200gr water roux/adonan biang
- 175-200ml air hangat
- 1sdt garam
- 75gr margarine

Cara membuat :
1. Tuang terigu, ragi, gula, susu bubuk, aduk rata.
2. Masukkan adonan water roux, telur dan air. 3. Ulenin sampe kalis.
4. Masukan margarine+garam.
5. Diamkan sampai mengembang 2x lipat. 6. Dibentuk, didiamkan lg, baru dioven


Setelah kamis kemaren gagal roti unyil, dan sudah dapet resep roti versi Jeng Liza, makin hari makin penasaran buat eksekusi tuh resep. Menghadapi wiken apalagi. Pingiiiiiiin banget buat segera eksperimen.

Baru kesampaian waktunya hari ini, senin pagi sehabis anter Khalila sekolah, dan mengungsikan Kamila, daku semedi di dapur. Timbang semua bahan sesuai resep, dan menyiapkan tenaga buat ngulenin. Mempersiapkan mental juga pastinya, wanti-wanti seandainya eksperimen kali ini gagal lagi. Puifh!

Bikin water roux dulu pertama, 250ml air dengan 50 gram tepung protein tinggi. Aduk rata, nyalakan api sedang, aduk sampai mengental, jangan sampai mendidih.



Akhirnya semua bahan set-up




Mulai dituang campur-campur aduk rata.


Hiyaaaah, singsingkan lengan baju. Siapin tenaga, mari kita ngulenin adonannya.


Nah lho, kok lengket banget, beda sekali dengan adonan roti unyil kemaren. Padahal air hangat yang dipakai juga cuma 100ml. Haduuuh apakah bisa kalis dengan kondisi seperti ini? *mulai panik, ambil bb, bbm Jeng eliza, mba R juga ga ketinggalan di bbm.



Jeng Liza ga bisa nerima foto adonan yang kukirim ke BBnya, daku bbm ke mba Rina, disuggest tambah tepung sedikit lagi. Jeng Liza juga suggest tambah tepung. Sudah lewat setengah jam ngulenin, kalis yang dimaksud ga juga datang. Daku panggil adikku, Faisal, dia yang ku minta tolong buat ketikin bbm ke dua orang 'masterchef roti' tadi. Secara yah, tangan dua-duanya sudah belepotan adonan, kanan ngulenin, kiri megang baskomnya juga ikut belepotan karena lengket. Dan Jeng Liza menyuruh daku untuk 'menganiaya secara sadis' adonan itu selama kurleb 1 jam. Waduuuuuh, setengah jam ajaa rasanya udah pingin pingsan. Jadilah tuh adonan mulai babak belur, dibanting, ditonjok, diremes, ditampar. Untungnya ga sampe ditendang dan diinjak. Perjuangan sekali, mulai ga rela kalau nanti berujung pada kegagalan.

Yah sudah 1 jam lewat, daku menyerah saja maju tahap berikutnya, yaitu masukin margarine + garam. Kata Jeng Liza, gapapaa memang masih lengket ditangan, tapi nanti kalau sudah kena margarine mulai kalis licin seperti yang diharapkan.


Nah, daku mengganti margarine dengan mentega, karena stock dirumah adanya mentega. Begitu dicampur mentega, waduh, tektur adonannya diuleni seperti kletus-kletus. Gagalkah ini??? Berusaha tenang tetap menguleni. Karena teksturnya jd terpisah antara adonan dengan mentega.



Tapi makin lama begitu makin tercampur rata, mulai mumbul berat lagi adonannya. Alhamdulillaaah, adonannya jadi kalis elastis cantik.
Ooo kelupaaan, garamnya belum masuk. Bbm lagi Jeng Eliza, dia blg gapapa menyusul, ga akan berpengaruh. Tapi yang daku rasain, adonanya jadi lengket lagi seperti sebelum dikasih mentega. Bbm ke Mba R, Mba R menskip garamnya. Dia pakai mentega asin.

 Bismillah, masuk ke waktu proofing, bulatkan adonan dalaam baskom, tutup pakai cling wrap.



Tik tok tik tok tik tok


Kurang dari 1 jam, adonan membesar 2x lipat. Berhasilkah ??? Mari kita tinju Buk , Peeeees! Berhasil!
 
Yuuk, diisi adonannya, daku pakai keju parut chocochip lagi dan sosis mayonaise lagi.Taram ini dia penampakannya, mari tunggu kita istirahat kedua sampai mengembang hingga 2x lipatnya.





Yuuup, poles kuning telur+skm. Mari kita oven.



Wuiiiihh mumbul-mumbul smua, cakep-cakem menggendut. *mulai kecup-kecup Jeng Eliza dan mba R lewat bb. Yihaaa berhasil, berhasil, berhasil ayeee !!!




Mari kita set sesi pemotretan... taraaaaaam!!


menuuuuul menuuul sampe gemesssss iih ^.~

yup, bisa buat bekal Khalila besok sekolah ^.~


fresh from my oven si pedes manis

tinggal dituangin saos sambel ^.~

menul-menul pedes manis mayonaise sosis


fresh from my oven ^.~

nyeeeeem manis gurih keluar dari loyang

menul-menul Keju Chocochip


Big Kisses for Jeng Eliza dan Mba R ^.~ monggo dicomot rotinya muaaaaaaaaah

10 comments:

  1. Replies
    1. hiyaaaaaah,, maaf baru bales mak chae,, masih ada 1/4 niy. yukk mampir sini ngeteeeeeh

      Delete
  2. aaakkkk.. bikin ngiler deh Mbak..
    aku pernah bikin roti hasilnya bantat..banget. langsung nyerah hahaha x)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. there is a will there is a way makkk hihiihihi you are not alone ^.~ ini percobaan dak yang ke 6 baru berhasil hhihihihihiihi.
      kayanya kalo eksekusi resep ini, ngulenin 1 jam dan nunggu proofing sampe 2kali lipat, berhasil mak. makasih yah sudah mampir ^.~

      Delete
  3. Nyomot satu ya Mak..yang choco cheese..aduch..nampak lembut banget rotinya..beneran menul2 ya...daku malah jarang bikin roti sdr..soalnya orang di rumah kurang suka roti...paling sering malah bikin donat ..bakpao atau pastry..^^..sama aja sich..nguleni juga..hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mak didi. barteran sama sambel mateng petainya boleh ga?
      bikin kulit pastry sndr mak? waduh, saya menyerah sebelum berperang. pake yang sudah jadi saja xixixixixi. ini keberhasilan daku yang pertama bikin roti setelah gagal berkali-kali.tangaaaaan pegeeeeeel sampai 3 hari. harus niat banget yah bikinnya. salut sama dirimu mak, rajin masak< share ngeblog *keprok-keprok

      Delete
  4. bikin ngiler,tetep semangat meskipun baru pemula dan selalu gagal ,hiks...hiks...




    ReplyDelete
  5. bikin ngiler,tetep semangat meskipun baru pemula dan selalu gagal ,hiks...hiks...




    ReplyDelete
  6. aaakkkk.. bikin ngiler deh Mbak..
    aku pernah bikin roti hasilnya bantat..banget. langsung nyerah hahaha x)))

    ReplyDelete
  7. Bikin laper pagi pagi eh, jadi pengen buat

    kue nastar cengkeh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...