Friday 4 October 2013

Original Cheese Cake


Baking blues sedang melanda diriku. Terakhir daku baking itu, saat malam takbir menjelang Idul Fitri kemarin, mengeksekusi langsung 20 loyang brownies untuk hantaran hari raya ke sanak saudara. Antrian orderan brownies setelahnya pun belum daku layani hingga kini. Begitulah, kalau mood bakingnya belum kembali, yah sabar-sabar saja buat yang order.



Sepanjang sejarah, tidak pernah si oven kesayangan cuti nyaris 2 bulan. Hingga beberapa kali daku colok hanya untuk memanaskan kumparannya, khawatir juga kalau kelamaan cuti, si oven bakalan ngambek. Saking malesnya baking, daku sempat membuang creamcheese neufchatel karena keburu kadaluarsa. Duh, semangat baking menguap entah kemana. Mungkin karena lebih prefer ngebento setiap hari dan fokusku hanya bento,bento dan bento.

Nah, masih ada creamcheese neufchatel lagi yang nyaris kadaluarsa. Masa harus berakhir ke tempat sampah untuk kedua kalinya. Terfikir mau dibuat frosting cream cheese buat isian sus jepang yang crispy nyontek resepnya Mak Didi, tapi males bikin susnya. Mau dijadikan campuran mashed potatoes, juga mau bikin mashed potatoes seberapa banyak untuk menghabiskan 1 cup creamcheese 250gram. Akhirnya piihan jatuh kepada membuat cheesecake yang gampil-gampil saja. Pakai resep Oreo Cheesecake kemarin saja. Tanpa tambahan oreo, dan cara memanggang yang berbeda. Mari kita coba memanggangnya dengan metode au bain marie.


Original Cheese Cake

Bahan :
- 250gram cream cheese
- 70gram gula bubuk
- 20gram tepung terigu
- 1 butir telur utuh
- 20 gram mentega cair
- 1 sdm susu bubuk
- 50 gram keju cheddar parut
- sedikit parutan zest lemon (kulit lemon) biar wangi.

Cara Membuat :
1. Campurkan creamcheese dan gula bubuk, mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur  rata.
2. Tambahan secara berurutan, terigu, dan telur, mixer hingga tercampur rata.
3. Matikan mixer, tambahkan mentega cair, aduk balik dengan spatula. Lalu masukkan keju cheddar parut dan parutan zest lemon.
4. Panggang dengan tehnik au bain marie pada suhu 170 dercel selama 30-45 menit, tes tusuk.



Semula, cheese cake ini tidak mau diposting ke blog, karena males banget buat menjepretnya hingga menghasilkan hasil penampakan cheesecake yang bagus. Akhirnya dijepret seadanya buat dokumentasi. Malamnya sehabis membuat cheesecake ini, Daku chit-chat dengan Jeng Feron lewat bbm, yang berujung Jeng Feron meminta resep cheese cake ini untuk dia eksekusi. Yowis, sekalian saja jadinya diposting di blog karena resepnya simpel dengan kondisi foto yang asal jepret.

Buat Jeng Feron, ini yah resepnya. Layak dicoba banget karena hasil rasanya maksimal. Cheese cake ini yang biasanya daku jadiin topping di brownies cheesecake yang pernah daku bikin dulu yah ^^. Ini dia penampakan si Brownies Cheese cakenya.


2 comments:

  1. Ada 2 jenis cake n pastry yg bikin aku takut bikin mak, yg pertama kue sus, karena selalu gagal yang kedua cheese cake krn takut gagal hihuhuhu. Daku yg malas mesin roti mak, smoga baik2 saja dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Lina, alhamdulillah kue sus di percobaan pertamaku langsung berhasil, memang kalau soes sensitif banget yah, kuni keberhasilanku kemaren selain hrs hati-hati dengan penggunaan jumlah telurnya, kaya di resepku sos war itu telurnya 4 tapi harus yang berukuran sedang jangan yang besar. kalo telur besar nanti adonannya sedikit encer, ngejambulnya dikit ga sampe membumbung< sama panasnya oven harus stabil, jangan dibuka tutup dan si soes hrs sampai kuning keemasan baru kita keluarkan dari oven...

      ciskek yang ini anti gagal mak ^^ trust me pokoknya. ^^

      roti??? mauuuuuuuuu

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...