Friday, 16 August 2013

TAPE ULI




Sabtu, 10 Agustus 2013

Masih seputaran hidangan hari raya khas betawi, kali ini daku lanjut posting tentang tape dan uli.

Mau cerita sedikit tentang kenapa daku memasukkan resep tape dan uli ini ke dalam blog, itu karena semenjak kami menikah, si Abi jadi punya cemilan favorit yang selalu dia cari saat hari raya. Dan akan berbinar-binar apabila menemukan si tape ketan ini diluar hari raya. Menurut Abi, rasa tape ketan ini berbeda dengan yang biasa dia makan sebelumnya.

Pertama-tama daku heran yah, perasaan tape ketan dimana-mana yah rasanya seperti ini, paduan manis hasil fermentasi, sensasi asem seger di mulut. Saking penasarannya sama tape ketan yang dulunya biasa si Abi makan, akhirnya kesampaian juga daku icip-icipnya. Saat itu lebaran mudik ke Klaten, di salah satu rumah sanak saudara, ada suguhan tape dari beras ketan putih yang dibungkus daun jambu. Entah apa namanya dalam versi jawa, yang pasti saat daku mencicipi, jelas sekali perbedaan rasanya. Tape ketan putihnya jadi berwarna hijau pupus, rasanya manis sedikit kecut namun ada rasa lain yang menyertainya yaitu rasa langu dari daun jambu. Jujur saja, daku tidak suka dan akhirnya mengerti kenapa Abi lebih suka versi tape ketan yang biasa dibuat dirumah kami. Walaupun tanpa teman sejati si tape ketan yaitu uli, si Abi no problemo, tetap bisa menikmati si ketan ini secara sendiri, atau campuran dengan sedikit air dan es batu, atau campuran es buah.




:: TAPE KETAN HITAM ::

Bahan :
- 1/2 liter beras ketan hitam
- 1/2 liter beras ketan putih
- 1/2 butir ragi tape (bisa dibeli di toko beras), digerus hingga halus

Cara membuat : 
1. Campur beras ketan hitam dan putih, cuci hingga benar-benar bersih, lalu keduanya direndam selama
2 jam 2. Kukus hingga testurnya padat, angkat, tuang dalam wadah tertutup langsung disiram dengan air suhu ruang hingga merata, lalu ditutup hingga tanak mengembang (istilah betawinya hingga keket / kondisi beras ketan seperti nasi aron yang mau dikukus)
3. Kukus lagi hingga matang
4. Angkat, dinginkan dengan cara di tempatkan dalam wadah melebar (tampah) yang sudah dialasi daun pisang hingga suhu panasnya hilang.
5. Bubuhkan ragi ke atas ketan didalam tampah. Segera pindahkan ke dalam wadah tertutup secara perlahan dengan sehingga membentuk lapisan bertumpuk (bukan diaduk-aduk)
6. Tutup dengan daun pisang, baru ditutup rapat dengan tutup wadahnya.
7. Fermentasikan hingga 2x24 jam. 

Jika kondisi tape ketan belum terasa manis, tutup rapat kembali, dan fermentasikan kembali max 1x24jam. Kondisi ini tergantung kondisi raginya. Jika hingga 3x24jam tidak menghasilkan rasa asam manis segar, artinya kondisi raginya jelek, bisa diatasi dengan menambahkan air gula yang sudah dimasak dalam kondisi suhu ruang ke dalam tape ketan tersebut. Simpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.

Sekarang tentang Uli, paduan suguhan tape ketan di hari raya versi betawi yah Uli. Kalau tidak salah, waktu di Pematang Siantar dulu Uli disuguhkan bersama dengan rendang daging atau opor, bahkan pernah ditempat lain dengan serundeng.


:: ULI KETAN ::

Bahan :

- 1 liter beras ketan
- 1 butir kelapa parut
- Garam secukupnya
- Santan kental secukupnya, dimasak hingga mendidih, dinginkan untuk olesan dalam daun pisang biar tidak lengket

Cara membuat : 
1. Beras ketan putih, cuci hingga benar-benar bersih, lalu direndam dalam air selama 2 jam, kukus, angkat, siram dengan air suhu ruang hingga mengembang, aroni dan tambahkan kelapa parut, kukus lagi hingga matang.
2. Angkat, dalam keadaan panas-panas langsung ditumbuk hingga lembut.
3. Ambil 1 lembar daun pisang, oles dengan santan kental, tambahkan ketan yang sudah ditumbuk, bungkus. Begitu seterusnya hingga ketan tumbuknya habis. Simpan suhu ruang.




Uli ini tahan hingga 2 hari dalam suhu ruang, bisa disimpan dalam kulkas untuk waktu yang lebih lama, jika mau dimakan, panaskan dengan cara dikukus/dalam magic com.

2 comments:

  1. saya juga hobi sama makanan yang satu ini, biasanya lebaran menu wajib di keluarga saya, ini rese yg biasa saya buat
    http://jual-tapeuli.blogspot.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...